Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
Vol 11, No 4 (2022)

STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVMENT) RUAS JALAN TIMIKA-WAGETE KECAMATAN MIMIKA BARU KABUPATEN MIMIKA PAPUA (STA 00+000-10+000)

Rahmad Try Pangestu (Unknown)
warsito warsito (Unknown)
azizah rokhmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

         Ruas Timika-Wagete merupakan jalan utama yang menghubungkan langsung dengan wilayah/kabupaten sekitarnya. Ruas jalan ini diharapkan dapat membuka daerah-daerah terpencil, mendukung pembangunan infrastruktur yang berkeadilan, dan meningkatkan hubungan antar daerah/kota. Untuk mempermudah akses, diharapkan dapat merangsang perekonomian masyarakat sekitar. Ruas jalan ini dimaksudkan untuk penggunaan trotoar yang kasar sehingga jalan diharapkan dapat berfungsi secara normal. Data yang dibutuhkan untuk perencanaan ini adalah data CBR, lalu lintas harian. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendapatkan desain yang efektif dengan menggunakan metode tersebut, khususnya metode Bina Marga berdasarkan Pd T-14-2003.        Hasil pengolahan data menunjukkan peningkatan lalu lintas (7%), rencana lalu lintas harian 10.208 kendaraan/hari untuk dua jalur dua lajur, CBR bawah tanah 5,06%, sehingga nilai CBR efektif 25%. Tebal ubin pada perkerasan proyek adalah 21 cm, persentase kerusakan fatik (0% <100%) persentase kerusakan erosi (0% <100%), tebal penutup pondasi menggunakan batupasir adalah 12,5. cm. Pengencang melintang (pasak) 33 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm digunakan untuk sambungan. untuk pengikatan memanjang (Tie Bar) menggunakan D 12 mm, panjang 530 mm, jarak 900 mm. . Untuk merencanakan ukuran saluran drainase 1, tinggi gelombang h = 97 cm, lebar gelombang b = 48 cm, tinggi pelindung W = 32 cm, gelombang drainase 2 menerima tinggi gelombang h = 97 cm, lebar gelombang b = 48 cm , tinggi penjaga W = 32 cm, drainase gelombang 3 tinggi gelombang yang dihasilkan h = 80 cm, lebar gelombang b = 40 cm, tinggi pelindung W = 26 cm.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ft

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Transportation

Description

Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua ...