EDUCARE
Vol. 11 No. 2, Desember 2013

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa

Seny Chlidatun Farida (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Rita Zahara (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Ilyas (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type Group Investigasion dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal siswa kelas XI SMKN 1 Bandung dalam pembelajaran melalui model kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama melakukan observasi awal, pertemuan kedua melakukan observasi akhir terhadap kelas tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI PS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI PS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan interpersonal siswa dengan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji, Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji dua Rerata (Uji-t). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1.Terdapat peningkatan kemampuan interpersonal siswa dengan penerapan model kooperatif lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. 2. Mengetahui perbedaan dalam kemampuan interpersonal siswa yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penggunaan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kewirausahaan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...