EDUCARE
Vol. 17 No. 2, Desember 2019

Penggunaan Model Cooperative Script dalam meningkatkan Aktivitas Belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Cicah Samsiah (MTs. Miftahulfalah Bandung)
Rita Zahara (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan IslamC Mts. Miftahulfalah berdasarkan hasil observasi ditemukan kurangnya aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung, yang dimungkinkan disebakan kurang memadainya ukuran ruang kelas dibandingkan dengan jumlah siswa, kurangnya kemampuan guru dalam melakukan pengkondisian kelas. Hal ini mengakibatkan siswa merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung, siswa pasif dan kurang antusias dalam pembelajaran, dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Kondisi ini menuntut guru untuk berfikir dalam menentukan stategi pembelajaran yang tepat dan efektif, agar aktivitas pembelajaran siswa dapat meningkat dan berlangsung secara efektif . Adapun tindakan pemecahan masalah yang berkaitan dengan aktivitas siswa ini adalah dengan menggunakan Model Coopertive Script dimana siswa dalam pembelajran diminta untuk berpasangan dalam menghapal materi yang telah diringkas, diharapkan dapat menjadi solusi untuk guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.dengan hasil yang semakin meningkat pada setiap tahapan siklus. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Cooperative Script pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...