Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis pada mata pelajaran matematika bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Diskursus Multi Representasi (DMR) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun datar di sekolah dasar, dengan rincian tujuan mengukur peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Diskursus Multi Representasi (DMR, dan mengukur perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis setelah menerapkan model Diskursus Multi Representasi (DMR. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Pamalayan. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 3 Pamalayan, kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan masing- masing kelas berjumlah 22 orang.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan peningkatan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kategori sedang.
Copyrights © 2019