Intermathzo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol. 4 No. 1 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Muhammad Aziz (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Mumun Syaban (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Mochamad Rasyid Ridha (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir matematis yang wajib dimiliki oleh setiap siswa dan guru, supaya dalam belajar dan pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dikarenakan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis akan mampu untuk mengungkapkan gagasan-gagasan atau ide-ide matematis yang dapat memperjelas permasalahan yang terdapat dalam matematika, baik berupa gambar, maupun kalimat pemodelan matematika. Akan tetapi selama peneliti melaksanakan observasi sebelum penelitian disalah satu sekolah SMA di Bandung, bahwa kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa secara tulisan masihlah rendah. Berdasarkan hal tersebut membuat peneliti ingin meningkatkan kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa secara tulisan dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, karena peneliti ingin melihat sebab-akibat antara variable bebas dan variable terikat. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dengan yang memperoleh pembelajaran langsung

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

intermathzo

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

INTERMATHZO yang kami artikan sebagai zona tau area antar matematika merupakan Jurnal Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana. Terbit setahun ...