Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 7 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Inpres 2 Ambesia

Jufri, Jufri ( FKIP UNTAD)
Husainn, Sarjan N. (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2015

Abstract

Masalah dan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres 2 Ambesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui Metode Inquiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran, serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas secara individu 10 orang  dan belum tuntas individu 8 orang dengan presentase daya serap klasikal 55,56% dan ketuntasan belajar klasikal 76,67%. Hasil belajar siklus II seluruh siswa dinyatakan tuntas 100% dengan presentase daya serap klasikal 86,39%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Ambesia. Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Inquiri

Copyrights © 2016