AT-TAZAKKI: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 3, No 1 (2019)

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KETELADANAN GURU DI MTsN I LANGKAT

Leni Malinda, Ali Imran Sinaga, Chandra Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembentukan karakter siswa melaluiketeladanan guru di MTsN I Langkat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Temuan dalam penelitian ini meliputi: (1) program yang diterapkan madrasah dalam upaya pembentukankarakter siswa yaitu mengadakan zikir, tadarus, dan doa, membaca dua surat pendek, hafiz, shalat zuhurberjamaah, membaca buku senyap, muhadharah, menonton video motivasi, pramuka, dan membacayasin dengan adanya program tersebut terwujudnya karakter siswa yang religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli lingkungan, kreatif dan gemar membaca. (2) bentuk-bentuk keteladanan guru yang ditunjukkanyaitu dengan religius, disiplin, kreatif, tanggung jawab, peduli lingkungan, menerapkan 3S (Sapa, Senyumdan Salam), berpakaian rapi, bertutur kata lemah lembut, membuang sampah pada tempatnya, ramahtamah, bersabar, dan sopan santun. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa diMTsN I Langkat yaitu faktor internal berupa yang ada pada diri siswa, seperti keinginan untuk berubah,bakat dan minat. Sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, kerja sama antar orang tua, teman sebaya,guru, kepala sekolah, sarana prasarana dan lingkungan masyarakat. (4) faktor-faktor yang menjadi penghambatpembentukan karakter siswa di MTsN I Langkat adalah kesadaran orang tua, teman sebaya, lingkungan,dan teknologi. (5) adapun solusi dari hambatan membentuk karakter siswa yaitu memberikan nasihatdan teguran, hukuman, mengadakan rapat dan pertemuan antar guru saat kenaikan kelas, laranganmembawa handphone, kemudian mengundang orang tua untuk memberikan arahan sekaligus bertukarpikiran mengenai siswa yang bermasalah.This research aims to describe the character formation of students through the example of the teacher atMTsN I Langkat. Type of this research is descriptive with a qualitative approuch. The findings in this studyinclude (1) the program implemented by the madrasa in an effort to establish the character of students thatis holding zikir, tadarus and prayer, reading two short letters, hafiz, midnight prayer in congregation,reading silent books, muhadharah, watching motivational videos, scouting, and reading yasin with theexistence of the program the realize the character of students who are religious, hones, disciplined, responsible,caring for the environment, creative and fond of reading. (2) Forms of teacher exemplary shown arereligiously disciplined, creative, responsible, caring for the environment, applying 3S (greet, smile, regards),dressing neatly, speaking softly, throwing garbage in its place, being friendly, patient, and manners.(3) Factors that influence the formation of student character in MTsN I Langkat, namely internal factors inthe form of students, such as the desire to change, talents and interests. Whereas external factors arefamily, cooperation between parents, peers, teachers, principals, facilities and infrastructure and the communityenvironment. (4) factors that inhibit the formation of the character of students in MTsN I Langkatare awareness of parents, peers, environment and technology. (5) As for the solutions to the obstacles forming the character of the students, namely giving advice and reprimand, punishment, holding meetingsand meetings between teachers during class increase, the prohibition on carrying mobile phones, theninvites parents to provide direction and exchange ideas about students who are concerned.Kata Kunci: Pembentukan, Karakter dan Tauladan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attazakki

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora di dirikan pada tahun 2017 dengan no SK : 0005.25802321/JI.3.1/SK.ISSN/2017.06 (E-ISSN) merupakan jurnal berproses dalam penelaahan dan penilaian yang di lakukan oleh para ahlinya (peer-review). Jurnal ini berafiliasi ke Program ...