Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 1 No. 01 (2021)

Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru: Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru

Mabruroh (STAI MIFTAHUL ULUM PAMEKASAN)
Anisa Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

digunakan dalam proses pembelajaran, dan didalamnya membahas tentang kaidah-kaidah nahwiyah yang bisa membantu meningkatkan pemahaman tentang keilmuan, khususnya di madrasah ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Kitab ini merupakan kitab yang digunakan sebagai bahan ajar pembalajaran untuk meningkatkan Maharoh Qiroah. Sebelum lembaga ini menggunakan kitab sullamun nahwiyah siswi di lembaga tersebut kesemangatannya tentang kaidah kaidah nahwiyah sangat minim lebih lebih dalam maharoh qiroah karna siswi hanya berasumsi bahwa kitab nahwu tidak mempunyai dampak apa apa dalam pembelajaran. Sehingga kesemangatan siswi sangat minim lebih-lebih dalam maharoh qiroah yang disebabkan kurangnya motivasi dan pembelajaran yang kurang menarik untuk siswi, akan tetapi setelah lembaga berinisiatif mengimplementasikan kitab sullamun nahwiyah 75% kesemangatan dalam jiwa mereka dan nilai-nilai yang mereka hasilkan dalam ujian bertambah meningkat dan membaik, sehingga Melihat terhadap permasalahan yang kami temukan di lembaga Madarasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Melihat dari konteks penilitian diatas secara khusus fokus penelitian ini dirumuskan pada beberapa masalah sebagai berikut: (1). Bagaimana Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru.? (2). Bagaimana Problematika dan Solusi Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan maharotul qiroah di madrasah ibtidaiyah diniyah putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru? Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil sari penelitian ini adalah (1). Implementsi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas 6B MiftahulUlum KebunBaru yaitu: Pertama, Guru Memerintahkan murid membuka kitab, setelah itu, murid diberikan kebebasan membaca sesuai dengan kemauan mereka. Berselang beberapa lama, guru mengadakan diskusi antar guru dan murid terkait pemahaman mereka dalam membaca teks. Disamping itu, pendalam terhadap qaidah nahwu turut pula menjadi konsentrasi dalam penerapan iniKedua, guru menggunakan metode Muhafadhoh, tanya jawab dan Takrir (Pengulangan) sehingga guru bisa mengetahui perkembangan diantara beberapa siswi.Sehingga berdampak positif dalam ilmu membaca diantaranya dapat memberikan siswa kemudahan dalam memahami tradisi baca kitab dan dapat membaca secara lancar dan baik, mengetahui kedudukan dengan lafad yang dibaca. (2). Problematika dalam implentasi kitab Sullamun Nahwiyah terbagi menjadi dua yaitu bersumber dari murid ketika di dalam kelas berupa tertidurnya siswi ketika proses belajar mengajar berlansung. Maka Solusi yang dimiliki oleh pendidik yaitu dengan menyuruh siswi yang tidur untuk membaca didepan kelas dan menyuruh siswi untuk mengambil wuduk. Serta bersumber dari guru yaitu terkait implementasi Kitab Sullamun Nahwiyah penjelasannya berputar putar sehingga sulit untuk difahami, dihafal, dan di ingat-ingat. Maka solusi yang ditempuh yaitu dengan mencatat penjelasan dari guru, mencatat pokok-pokok yang dianggap sulit untuk difahami, dan terus mempelajarinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...