cover
Contact Name
M Mansyur
Contact Email
mansyurhurdi@gmail.com
Phone
+6287853147623
Journal Mail Official
jurnaltanfidziya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Palenggaan Km. 11 Pamekasan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Tanfidziya: Journal of Arabic Education
ISSN : 28090640     EISSN : 2809056x     DOI : https://doi.org/10.36420/tanfidziya
Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education, Miftahul Ulum Islamic institute of Pamekasan. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1) Arabic Language in Education, 2) Teaching Arabic as a Foreign Language, 3) Arabic Language and Linguistic, 4) Arabic Language and Literature, and 5) Islam and Arabic Language Studies
Articles 30 Documents
Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik: Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik Habiburrahman
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 01 (2021)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.521 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i01.40

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, diantaranya sistem bahasa (aspek linguistik), sistem pembelajaran (aspek metodologis), dan sistem psokologis (aspek psikolinguistik). Psikolinguistik sangat erat kaitannya dengan pembelajaran bahasa, karena di samping ruang lingkup pembahasan psikolinguistik mencakup pembahasan fenomena pemerolehan dan pembelajaran bahasa, ia juga membahas bagaimana pembelajaran bahasa yang baik. Begitu juga pembelajaran bahasa Arab, yang meliputi prinsip pendidikan, prinsip psikologis, dan prinsip linguistic. Ketiga prinsip ini merupakan titik temu antara linguistik dan dan pembelajaran bahasa. Disini penulis akan memaparkan titik temu psikolinguistik dengan pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan prinsip pembelajaran, psikologis dan linguistis secara desktiptif-metodologis dalam konteks hubungan pembelajaran Bahasa Arab dan psikologi dalam tinjauan psikolinguistik.
Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru: Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru Mabruroh; Anisa Isnaini
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 01 (2021)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.654 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i01.41

Abstract

digunakan dalam proses pembelajaran, dan didalamnya membahas tentang kaidah-kaidah nahwiyah yang bisa membantu meningkatkan pemahaman tentang keilmuan, khususnya di madrasah ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Kitab ini merupakan kitab yang digunakan sebagai bahan ajar pembalajaran untuk meningkatkan Maharoh Qiroah. Sebelum lembaga ini menggunakan kitab sullamun nahwiyah siswi di lembaga tersebut kesemangatannya tentang kaidah kaidah nahwiyah sangat minim lebih lebih dalam maharoh qiroah karna siswi hanya berasumsi bahwa kitab nahwu tidak mempunyai dampak apa apa dalam pembelajaran. Sehingga kesemangatan siswi sangat minim lebih-lebih dalam maharoh qiroah yang disebabkan kurangnya motivasi dan pembelajaran yang kurang menarik untuk siswi, akan tetapi setelah lembaga berinisiatif mengimplementasikan kitab sullamun nahwiyah 75% kesemangatan dalam jiwa mereka dan nilai-nilai yang mereka hasilkan dalam ujian bertambah meningkat dan membaik, sehingga Melihat terhadap permasalahan yang kami temukan di lembaga Madarasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Melihat dari konteks penilitian diatas secara khusus fokus penelitian ini dirumuskan pada beberapa masalah sebagai berikut: (1). Bagaimana Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru.? (2). Bagaimana Problematika dan Solusi Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan maharotul qiroah di madrasah ibtidaiyah diniyah putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru? Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil sari penelitian ini adalah (1). Implementsi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas 6B MiftahulUlum KebunBaru yaitu: Pertama, Guru Memerintahkan murid membuka kitab, setelah itu, murid diberikan kebebasan membaca sesuai dengan kemauan mereka. Berselang beberapa lama, guru mengadakan diskusi antar guru dan murid terkait pemahaman mereka dalam membaca teks. Disamping itu, pendalam terhadap qaidah nahwu turut pula menjadi konsentrasi dalam penerapan iniKedua, guru menggunakan metode Muhafadhoh, tanya jawab dan Takrir (Pengulangan) sehingga guru bisa mengetahui perkembangan diantara beberapa siswi.Sehingga berdampak positif dalam ilmu membaca diantaranya dapat memberikan siswa kemudahan dalam memahami tradisi baca kitab dan dapat membaca secara lancar dan baik, mengetahui kedudukan dengan lafad yang dibaca. (2). Problematika dalam implentasi kitab Sullamun Nahwiyah terbagi menjadi dua yaitu bersumber dari murid ketika di dalam kelas berupa tertidurnya siswi ketika proses belajar mengajar berlansung. Maka Solusi yang dimiliki oleh pendidik yaitu dengan menyuruh siswi yang tidur untuk membaca didepan kelas dan menyuruh siswi untuk mengambil wuduk. Serta bersumber dari guru yaitu terkait implementasi Kitab Sullamun Nahwiyah penjelasannya berputar putar sehingga sulit untuk difahami, dihafal, dan di ingat-ingat. Maka solusi yang ditempuh yaitu dengan mencatat penjelasan dari guru, mencatat pokok-pokok yang dianggap sulit untuk difahami, dan terus mempelajarinya.
Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak: Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak M Mansyur; Ibadurrahman; Halim
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 01 (2021)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.568 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i01.42

Abstract

Laporan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memaparkan beberapa tindak kekerasan yang telah mencederai wajah pendidikan di indonesia, terdapat 84% siswa pernah mengalami kekerasan di sekolah, 45% siswa laki-laki yang melaporkan pihak sekolah telah melakukan kekerasan, 40% dengan rentan usia 13-15 tahun mengalami kekerasan dari teman sebaya, 75% Siswa mengaku pernah melakukan yang namanya kekerasan, 50% anak melaporkan mengalami perundungan (Bulliying) di sekolah.[1] Pola pendidikan seperti diatas pernah dijalankan di SD Al-Qur’an Ummul Quro sebelum diperbaiki dan dirubah dengan pola pendidikan yang penuh dan lebih menekankan terhadap nilai-nilai kasih sayang kepada anak didik. Praktek kekerasan mental dan fisik, pemaksaan terhadap suatu kehendak guru sangat berimplikasi terhadap menurunnya kuantitas siswa yang menempuh pendidikan di lembaga tersebut.[2] Berangkat dari keprihatinan itulah, maka aturan-aturan dan pola pembelajaran dan pengajaran di SD Al-Qur’an Ummul Quro dibenahi dan dirubah melalui instruksi pimpinan pondok, direktur pondok dan ketua yayasan Ummul Quro yaitu menerapkan pola pendidikan, pembelajaran dan pengajaran yang lebih santun, kasih sayang terhadap anak atau siswa, melindungi anak dari tindak kekerasan dan pemaksaan terhadap kehendak guru. Penelitian ini terdiri dari tiga fokus 1). Bagaimana Perencanaan Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?. 2). Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?. 3). Bagaimana Evaluasi Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?. Penelitian ini menggunaka pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak yang dilakukan oleh pihak sekolah meliputi 2 unsur penting yaitu: materiil dan non materiil berupa penyediaan sarana prasarana, fasilitas, media pembelajaran yang menunjang keselamatan anak dan hak-hak anak. Begitu juga dengan unsur non materiil berupa sosialisasi terhadap semua elemen yang berada dibawah naungan Yayasan Ummul Quro. 2). Pelaksanaan Pendidikan bahasa arab berbasis Ramah Anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro dilaksanakan menjadi 2 (Dua) Bagian kegiatan yaitu di dalam kelas Quro mengacu kepada kebijakan dan aturan yang berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak didik dan di luar kelas di SD Al-Qur’an Ummul Quro membentuk kegiatan ekstarkurekuler yang berorientasi pada peningkatan minat, penggalian inovasi dan kreatifitas. 3). Evaluasi pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro dilaksanakan setiap akhir semester bersama Direktur Pondok dan Yayasan beserta lembaga-lembaga lainnya dan setiap akhir bulan bersama kepala sekolah dan Dewan guru SD Al-Qur’an Ummul Quro sebagai evaluasi internal sekolah. Pelaksanaan Evaluasi tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu evaluasi internal yang hanya melibatkan kepala sekolah dan para guru serta komete SD Al-Qur’an Ummul Quro. Sedangkan evaluasi eksternal di lakukan oleh pihak yayasan dan direktur pondok pesantren Ummul Quro As-Suyuty [1]Permendikbud 82/2015, Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan,. Diakses pada tanggal 08 Maret 2019 [2]Wawancara langsung dengan kepala sekolah SD Al-Qur’an Ummul Quro ( 02/10/2019)
تأثير طريقة التدريب على ترقية مهارة القراءة لطالبات معهد مطالع الأنوار كونوغ تاعيس ريككريك فلعاءن باميكاسن سنة 2020: تأثير طريقة التدريب على ترقية مهارة القراءة لطالبات معهد مطالع الأنوار كونوغ تاعيس ريككريك فلعاءن باميكاسن سنة 2020 Nafisatul Musyarrafah; Edy Sulaiman; Maltuful Anam
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 01 (2021)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1186.916 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i01.43

Abstract

نجاح الطالبات فى مهارة القراءة العربيةيكون آملا لهن. وتطبيق طريقة التدريب الذى يحصل الطالبات فى مهارة القراءة يشكل السعى من الطالبات. وغرض هذا البحث العلمي لمعرفة وجود أو مقدار تأثير المتغير X محدود بالدلالة : إعطاء التمرينات نحو ما قد تعلمها الطالبات، تمرين خاطر الطالبات نحو مادة الدرس التي أعطاها المدرس، تأدية العمل القديم الثابت وتجد فيها حتى تكون لها مهارة دائمة، تأدية العادة مسمرة وتمرين المهارة. وأما المتغير Yمحدود بالدلالة : صحة منوال تغير الكلمة الموجودة في اللغة العربية، الاستيلاء على قواعد النحو والصرف، القدرة على وضع موضوع الفكرة، القدرة على قراءة تركيب الجملة. وطريقة البحث فى هذا البحث العلمي، استخدمت الباحثة تقريب الكمي. المجتمع فى هذا البحث هي طالبات معهد مطالع الأنوار كونوع تاغيس قدر 30 طالبة لأن عدد الطالبات أقل من 100 شخص، سوف استخدمت الباحثة هذا البحث بتقريب المجتمع. وآلة البحث التي اُستخدمت فى جمع البيانات هى الإستبيان ولإختبار والوثيقة. وأما تقنية تحليل البيانات هي تقنية ضرب الإرتباط العزوم. بعد عقد تحليل البيانات والاختبار، حصلت قيمة rXY 0،480، للمجتمع 30 بجد التصديق 95 % = 0،361 وبجد التصديق 99 % = 0،463. ومن نتيجة هذا التحسيب يعرف أن قيمة تحسيب "r"، أكبر و أعلى من مقياس التصديق 95% أو مقياس التصديق 99%. والبيان فى الفرض الصفري يبين عن "وجودتأثير طريقة التدريب على ترقية مهارة القراءة لطالبات معهد مطالع الأنوار كونوع تاعيس ريككريك فلعاءن باميكاسن سنة 2020" مقبول. من حاصل هذا البحث العلمي نستنتج أن طريقة التدريب علىترقية مهارة القراءة لطالبات معهد مطالع الأنوار كونوع تاعيس ريككريك فلعاءن باميكاسن سنة 2020،في طبقة " منخفض " وهى 0،480.
استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الإستماع (دراسة المقارنة بين مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو باميكاسان): استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الإستماع (دراسة المقارنة بين مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو باميكاسان) Noer Ulfa S Zulfa; Gufron Zainal Abidin Sdawi Manasiq
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 01 (2021)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.18 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i01.44

Abstract

نظرا إلى أهمية طريقة السمعية الشفهية حتى يستخدمها مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو كطريقة الأساسية في ترقية مهارة الاستماع. ولكن المشكلات التي تنشأ بين المركزين هي إختلاف نتائج التعليمية. في مركز اللغة الإنجلزية، كان تطوير مهارة الإستماع باستخدام طريقة السمعية الشفهية جيدا وقويا، مختلفة بمركز اللغة العربية، الذي كان تطوير مهارة الإستماع باستخدام هذه الطريقة غير كاملا، لأن الطالبات منخفضات في إتقان المفردات اللغة العربية. حدد هذا البحث بحدود ما يلي : 1) كيف التخطيط في استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الإستماع في مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو باميكاسان؟ 2). كيف التنفيذ في استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الإستماع في مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو باميكاسان؟ 3). كيف التقييم في استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الإستماع في مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بارو باميكاسان؟ إستخدم هذاالبحث مدخل الكيفي، وهو بحث الذي تستخدم بيئة العلمية، بقصد تفسير الظواهر التي تحدث ويتم تنفيذها من خلال إشراك طرائق المختلفة، أو بحث الذي يستخدم المقابلات المفتوحة لدراسة وفهم المواقف والآراء والمشاعر والسلوك للأفراد أو المجموعات. واستخدم الباحث في هذا البحث العلمي لطريقة جمع البيانات هي طريقة المقابلة، والملاحظة. إن نتائج بهذا البحث العلمي هي (1) التخطيط لاستخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الاستماع في مركز اللغة العربية ومركز اللغة الإنجلزية بمعهد مفتاح العلوم كبون بار لايوجد التخطيط بشكل الكتابة الذي يعيّن المعلّم المواد قبل دخول وقت التدريس والتعليم.(2). العمليات في تنفيذ استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الاستماع في مركز اللغة العربية :بداية يطلب المعلّم من الطالبات بتحضير القرطاسية، والإستعدات للإستماع الجمل سيقرأئها المعلم، فيقرأ المعلم الجمل المخطوط وتسمعها الطالبات وتكتبها في القرطاس، بعدما إنتهت الطالبات من الكتابة، يشرح المعلم ترجمة الجمل ومعناها، ثم يطلب المعلم إحدى الطالبات الماهرة لقراءة الجمل وتتابعها الطالبات الأخرى تكراريا. وفي النهاية، يطلب المعلم للطالبات بالمحدثة لممارسة المادة أمام الفصل. وتنفذ أيضا هذه الطريقة بإعطاء النص المكتوب في السبورة، وتكتبه الطالبات في الدفتر، يشرح المعلم معناه بشرح واضح، فيطلب لهن أن يقرئن النص بعد قراءته تكرارا ومتواليا، ويعطي المعلم فرصة لسؤال ما لم يفهمن عنه، ثم يطلب لهن أن يسمعن النص الذي تقرأه إحدى الطالبات المعينة أمام الفصل، ويكرر هذه الأنشطة حتى يفهمن النص بفهم جيد إن العمليات في تنفيذ استخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الاستماع في مركز اللغة الإنجلزية بتكرار المفردات المعطاة في الأسبوع الماضي، وتقسم الطالبات إلى المجموعات لإختلاف كفائتهن في ترقية لغة الإنجلزية، بعض منهن تعطى النص لحفظه وقراءته أمام بعض أخر، وأما سائر منهن تعطى البطاقة التي فيه المفردات، وتقسم الطالبات مجموعتين، فتأخد إحدى منهما هذه البطاقة وتؤلف الجمل المتعلقة بالمفردات فيها، وتسمع مجموعة أخرى وهكذا بالعكس، يكرر هذه الأنشطة حتى تفهم الطالبات وتستطيع الشرح والإستنبات عنما تسمعه. (3). إن العمليات في تطبيق التقويم لاستخدام طريقة السمعية الشفهية لترقية مهارة الاستماع في مركز اللغة العربية بأمر الطالباتان للمحادثة أمام الفصل بصوت مرتفع لتسمعها الأخرى وتجري هذه الأنشطة متبادلا بين الطالبات، فيوجد من هذا التقويم كفاءة جميع الطالبات ومفاهمهنّ عن المواد السابقة. ويطبق أيضا بإلقاء السؤال للطالبات عن المواد المقدمة. إن العمليات في تطبيق التقويم لاستخدام طريقة السمعية الشفهي لترقية مهارة الاستماع في مركز اللغة الإنجلزية بإعطاء الوظيفة للطالبات برفقة الطالبات الأخرى. وأما النتائج من هذا التقويم معرفة المعلّم على كفاءة جميع الطالبات عن مهارة الاستماع بنظر استطاعهنّ في إكمال الوظيفة المعيّنة.
AL-QUR’AN SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL Muhammad Syaiful
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 02 (2022)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.924 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i02.59

Abstract

Pentingnya Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia menjadi suatu keniscayaan mengingat Indonesia merupakan Negara multi etnis, suku, ras, budaya dan Agama. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap bagaimana al-Qur’an memandang Pendidikan Islam Multikultural dalam kontek yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research, dengan teknik pengumpulan data melalui data-data pustaka berupa teks yang terdapat di buku, artikel, makalah dan sumber-sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Allah SWT secara sengaja menjadikan umat manusia denganberagam suku, ras, bahasa, budaya, agama dan keunikan-keunikan lain dengan tujuan untuk untuk menumbuhkan sikap toleransi satu dengan yang lain. Pendidikan Islam Multikultural dalam praktek yang lebih luas harus di arahkan kepada penerimaan terhadap perbedaan-perbedaan tersebut sehingga akan mengahasilkan peserta didik yang terbuka terhadap segala bentuk prbedaan sebagai suatu hukum alam dan sunnatulah.
Dampak Pandemi Covid 19: (Studi Eksploratif terhadap Pembelajaran Bahasa Arab pada Sekolah Menengah Pertama di Lingkungan Pesantren) Ummidlatus Salamah; Fashi Hatul Lisaniyah
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 02 (2022)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.771 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i02.76

Abstract

The impact of the Covid-19 pandemic has been felt by the world of education, including educational institutions in junior high schools located in Islamic boarding schools. Islamic boarding-based educational institutions relatively limit the use of electronic media and online media in their daily activities, including in the teaching and learning process. The impact felt is very large with the Covid-19 pandemic, where all learning activities must be carried out online. This is the background of the research conducted at the Islamic Junior High School Ma'arif NU Bustanul Muta'allimin Islamic boarding school Nguwok Lamongan. The purpose of this study is to find problems faced by students and teachers in the pesantren environment and provide solutions that help in the learning process. The research method used is descriptive qualitative, using an exploratory case study. The result of this research is that students do not understand the material taught by the teacher through online learning. The students stated that online learning was not fun because the learning was not interesting, so that students became bored with doing online learning. While the impact felt by the teacher, namely learning becomes ineffective, material is not delivered perfectly due to limitations of learning media, teacher work becomes unlimited, internet connection is hampered, and difficulty to practice in the laboratory. The solutions offered are in the form of media to make learning more effective, including learning media for Google classroom, Kahoot, Socrative, Canva, and PhET Simulation.
Pembelajaran Maharah kalam Latifatul Mahbubah; Ainur Rohmah; Humairoh
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 02 (2022)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.216 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i02.99

Abstract

Maharah kalam merupakan keterampilan pokok yang harus di kuasai parapembelajar Bahasa Arab agar mampu berbicara dengan bahasa arab yang baik danbenar sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembelajaran maharah kalam dan bentuk evaluasi dalampembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif denganpendekatan kualitatif untuk mengetahui proses pembelajaran dan evaluasipembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan evaluasipembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan menggunakan beberapa metode dan strategi pembelajaranyang disesuaikan dengan tingkat keterampilan kalam santri seperti muhawarah,khitabah dan lain sebagainya.
Penerapan Metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Abdulloh
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 02 (2022)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.311 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i02.119

Abstract

Membaca merupakan keterampilan penting bagi siswa yang harus menjalani dan mengikuti proses belajar mengajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar mempengaruhi keterampilan membaca. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar membaca adalah pemilihan metode pembelajaran yang baik oleh guru. Penelitian ini memiliki dua fokus yaitu: Pertama, mengetahui penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Kedua, mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga tekhnik yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya (1) Penerapan metode1Q2R untuk Meningkatkan kemampuan Membaca teks bahasa Arab siswa Kelas X Syarif Hidayatullah melalui dua tahapan, yaitu: Pertama, tahap persiapan dan Kedua, tahap implememtasi. (2) Faktor pendukung penerapan metode 1Q2R untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab pada siswa Kelas X Syarif Hidayatullah pasuruan terbagi menjadi dua faktor. yaitu, faktor internal berupakesadaran siswa berupa keseriusan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa arab. Faktor eksternal kecakapan tenaga pengajar dalam membimbing dan mengarahkan dan menstimulus anak didik untuk mencapai peningktan kemampuan membaca yang maksimal. Faktor penghambat adalah: Pertama, Alokasi waktu yang terbatas sehingga mempengaruhi kualitas kontroling dan pembimbingan bagi siswa untuk melatih kemampuan membaca teks bahasa arab. Kedua, kemampuan dan kualitas input siswa baru kurang tersaring dengan baik sehingga terdapat siswa yang kualitas membaca teks berbahasa arab di bawah rata-rata
تقويم القواعد العربية بمظاهرة كتاب التراث بمركز اللغة العربية بمعهد مفتاح العلوم بانيبين بالنجائن باميكاسان Taufiqurahman
Tanfidziya: Journal of Arabic Education Vol. 1 No. 02 (2022)
Publisher : Prodi. Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.566 KB) | DOI: 10.36420/tanfidziya.v1i02.121

Abstract

Evaluation is an important component in the learning process and system. As in the initial observation, the Miftahul Ulum Panyeppen Islamic Boarding School in Pamekasan carried out an evaluation in measuring the qawaid ability of students using a unique evaluation form that was rarely encountered before, namely using the Fathul Qorib book as evaluation material. This study has two focuses, namely knowing the application and the advantages and disadvantages of implementing the Qawaid Arabiyah evaluation using the Fathul Qorib Book at the Miftahul Ulum Panyeppen Islamic Boarding School in Pamekasan.                The research method used in this study is a qualitative method with three data collection techniques, namely interviews, observation and documentation               The results of this study indicate that: First, the implementation of the Qawaid Arabiyah Evaluation using the Fathul Qorib Book at the Miftahul Ulum Panyeppen Islamic Boarding School in Pamekasan through several steps as follows (1) sorting students based on ability levels. (2) say hello and ask students to open, choose a title and read. (3) Demonstrating the contents of the text in the book by explaining the grammatical position in the reading, (4) the teacher asks the students to determine the main ideas in the reading text. (5) Cover.               While the advantages and disadvantages of implementing the Qawaid Arabiyah Evaluation using the Fathul Qorib Book at the Miftahul Ulum Panyeppen Islamic Boarding School in Pamekasan have been found, namely that the number of advantages contained in the evaluation process is more than the disadvantages.

Page 1 of 3 | Total Record : 30