Maharah kalam merupakan keterampilan pokok yang harus di kuasai parapembelajar Bahasa Arab agar mampu berbicara dengan bahasa arab yang baik danbenar sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembelajaran maharah kalam dan bentuk evaluasi dalampembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif denganpendekatan kualitatif untuk mengetahui proses pembelajaran dan evaluasipembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan evaluasipembelajaran maharah kalam di markazul lughah Pondok Pesantren Miftahul UlumKebun Baru Pamekasan menggunakan beberapa metode dan strategi pembelajaranyang disesuaikan dengan tingkat keterampilan kalam santri seperti muhawarah,khitabah dan lain sebagainya.
Copyrights © 2022