Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 1 No. 02 (2022)

Penerapan Metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab

Abdulloh (Institut Agama Islam Al-Azhaar Lubuk Linggau)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Membaca merupakan keterampilan penting bagi siswa yang harus menjalani dan mengikuti proses belajar mengajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar mempengaruhi keterampilan membaca. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar membaca adalah pemilihan metode pembelajaran yang baik oleh guru. Penelitian ini memiliki dua fokus yaitu: Pertama, mengetahui penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Kedua, mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga tekhnik yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya (1) Penerapan metode1Q2R untuk Meningkatkan kemampuan Membaca teks bahasa Arab siswa Kelas X Syarif Hidayatullah melalui dua tahapan, yaitu: Pertama, tahap persiapan dan Kedua, tahap implememtasi. (2) Faktor pendukung penerapan metode 1Q2R untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab pada siswa Kelas X Syarif Hidayatullah pasuruan terbagi menjadi dua faktor. yaitu, faktor internal berupakesadaran siswa berupa keseriusan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa arab. Faktor eksternal kecakapan tenaga pengajar dalam membimbing dan mengarahkan dan menstimulus anak didik untuk mencapai peningktan kemampuan membaca yang maksimal. Faktor penghambat adalah: Pertama, Alokasi waktu yang terbatas sehingga mempengaruhi kualitas kontroling dan pembimbingan bagi siswa untuk melatih kemampuan membaca teks bahasa arab. Kedua, kemampuan dan kualitas input siswa baru kurang tersaring dengan baik sehingga terdapat siswa yang kualitas membaca teks berbahasa arab di bawah rata-rata

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...