MAJALAH ILMIAH GEMA
Vol 23, No 41 (2011): GEMA, Th. XXIII/41/Agustus 2010 - Januari 2011

STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING INDUSTRI MEBEL DI KLATEN

AY, Burhanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2011

Abstract

Industri kecil rumah tangga mempunyai banyak peranan penting dalam perekonomian. Salah satu peranannya yang paling krusial dalam pertumbuhan ekonomi adalah menstimulus dinamisasi ekonomi. Karakternya yang fleksibel dan cakap membuat industri kecil rumah tangga dapat direkayasa untuk mengganti lingkungan bisnis yang lebih baik daripada perusahaan-perusahaan besar. Dalam banyak kasus, dari sejumlah industri kecil rumah tangga yang baru pertama kali memasuki pasar, di antaranya dapat menjadi besar karena kesuksesannya dalam beroperasi. Potensi usaha kecil untuk tumbuh ditentukan terutama oleh aspek permintaan dari pasar terhadap produk tersebut. Banyak Usaha kecil sulit berkembang dan tidak dapat bertahan hidup semata-mata karena tidak ada pasar untuk produknya. Untuk dapat masuk ke pasar dan mempertahankan posisi pasarnya, aspek persaingan menjadi sangat krusial untuk ditelaah. Mempelajari potensi pasar dan daya saing usaha kecil akan menggambarkan situasi nyata yang dihadapi oleh usaha kecil sebagai bagian dari aktivitas ekonomi yang ada. Potensi pasar dari produk atau jasa yang dihasilkan usaha kecil dipengaruhi terutama oleh karakteristik demand dan supply dari produk atau jasa tersebut. Demand yang besar terhadap suatu produk atau jasa belum tentu secara otomatis menjadi peluang pasar bagi usaha kecil, karena hal ini biasanya akan menarik unit usaha yang lebih besar untuk melakukan penetrasi pasar.  Kata Kunci: Daya Saing, Industri Mebel

Copyrights © 2011