Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Implementasi Pembelajaran BIPA Tingkat Pemula Pada siswa Kelas M.1/2 Eakkapap Sasanawich Islamic School, Krabi, Thailand

Tufaul Aini (Universitas Islam Malang)
Dyah Werdiningsih (Unknown)
Moh. Badrih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Abstrak: Kemajuan yang telah dicapai oleh negara Indonesia di tengah era global saat ini membuat bahasa Indonesia dipandang sebagai salahsatu bahasa yang penting di dunia. Salah satu negara yang memiliki minat dalam mempelajari bahasa Indonesia adalah negara Thailand. Hal ini dibuktikan pada sekolah Eakkapap Sasanawich Islamic School di Krabi, Thailand Selatan yang telah menerima mahasiswa praktikan untuk melaksanakan program praktik pengalaman lapangan (PPL) untuk mengajarkan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang dipelajari adalah BIPA, tetapi dengan adanya wabah virus Covid-19, pembelajaran telah dialihkan menjadi pembelajaran daring, sehingga pembelajaran BIPA pada sekolah ini dilaksanakan melalui aplikasi google meeting. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran BIPA tingkat pemula di kelas M.1/2 Eakkapap Sasananawich Islamic School, Krabi, Thailand dengan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan pembelajaran BIPA, (2) Pelaksanaan pembelajaran BIPA, (3) Penilaian Pembelajaran BIPA. Hal ini ditunjukkan dari langkah-langkah pembelajaran BIPA yang sudah diperoleh dan diamati.  Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, BIPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...