cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 750 Documents
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEMATIK DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 2 MALANG Liyya Mutimmatud Daroini
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.081 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis, penggunaan, hambatan dan solusi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis tematik di SDN Sumbersari 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus karena penelitian ini mendeskripsikan kasus khusus pada penggunaan media pembelajaran untuk peserta didik DS (Down Syndrome), ASD (Autism Spectrum Disorder),dan peserta didik reguler. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama yaitu pengamat, pengumpul, penganalisis, penyimpul, serta pelapor data yang ditemukan di lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 2 Malang yang berada di Jl. Bendungan Sutami 1 No.24 Sumbersari, 65145 Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan pendidik dan GPK (Guru Pendamping Khusus) sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari perekaman video, pengambilan foto, angket dan catatan lapangan. Simpulan hasil penelitian, tidak terdapat jenis media yang berbeda untuk peserta didik reguler dan berkebutuhan khusus, fungsi media pembelajaran sesuai untuk peserta didik regular akan tetapi tidak sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus, hambatan kurangnya penggunaan media pembelajaran dengan contoh kongkret untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Inklusi, Tematik
MARGINALISASI-SUBORDINASI PEREMPUAN DALAM NOVEL GADIS PANTAI” KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER : KAJIAN FEMINISME Amelia Ari Sandy
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.535 KB)

Abstract

Abstrak: Feminisme merupakan sebuah gerakan perempuan yang menuntut emansipasi atau kesamaan dan keadilan hak dengan laki-laki. Feminisme muncul karena penindasan yang dilakukan oleh kaum pria terhadap segala aspek kehidupan, yang mana kaum pria menggiring sebuah aturan bahwa pria adalah makhluk terkuat dan perempuan adalah makhluk lemah. Sehingga kedudukan-kedudukan dalam jabatan sangat dibatasi ruang geriknya untuk perempuan. salah satu tokoh sastrawan yang karyanya menonjolkan unsur feminisme didalamnya yaitu Pramoedya Ananta Toer, seorang penulis terbaik yang dimiliki Indonesia. Dalam novel Gadis Pantai, Pramoedya Ananta Toer menggambarkan tentang feodalisme di daerah Jawa. Cerita ini diambil dari kisah neneknya sendiri. Fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: (1) Marginalisasi Perempuan dalam novel Gadis Pantai, (2) Subordinasi Perempuan dalam novel Gadis Pantai, dan (3) Stereotipe Perempuan dalam novel Gadis Pantai. Adapun hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk ketidakadilan gender tokoh Gadis Pantai yaitu (1) marginalisasi, diantaranya: menerima keputusan sepihak, membatasi gerak gerik perempuan, menginginkan adanya kebebasan, tuntutan atas kebutuhan laki-laki. (2) subordinasi, diantaranya: Kekuasaan milik laki-laki, mendapat perlakuan tidak adil, pandangan rendah dari orang sekitar, Perbedaan hak antara perempuan dan laki-laki, Perbedaan kedudukan atau derajat antara perempuan dan laki-laki. (3) stereotipe, diantaranya: objek atas pemenuhan kebutuhan laki-laki, perempuan menikah dan mempunyai anak, memiliki rasa emosional dan sensitif. Kata-kata kunci: Marginalisasi, Subordinasi, Feminisme, Tokoh Perempuan, novel, novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer
The Correlation between Students’ Motivation in Learning English and Their English Learning Achievement at 2nd Grade Students of MA Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang Anike Nur Witasari
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.827 KB)

Abstract

Abstract: Motivation is the important thing for better achievement in studying English. The aim of this study is to figure out the correlation between students’ motivation and their English learning achievement at Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang. The researcher collected the data from questionnaire and documentation, then analyzed the data through percentage of questionnaire using Pearson product moment coefficient of correlation SPSS 20. This study involved 43 students of second grade Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang. The findings of this research showed that the descriptive statistics analysis of motivation score of the participants, the maximum score is 69, and minimum score is 40; the mean of the motivation score is 54.81. For English learning achievement, the maximum score is 100, and the minimum score is 35, the mean of the English learning achievement score is 72.79. The relationship is showed by the .669 Pearson correlation, which is significant at the .05 level, where it is higher than the .301 correlations coefficient table. This indicated that the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis is accepted. In conclusion, the correlation coefficient showed that there was significant relationship of both variables. There is a correlation between students' motivation and their English learning achievement. From the statistics above show that motivation is very influential for 2nd grade students of Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Lowokwaru Malang. It means that they had a pretty good motivation to learn, but still need for development in order to reach optimal learning results. Keywords: correlation, motivation, English learning achievement.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 04 SATU ATAP MUKOK KABUPATEN SANGGAU Muhammad Rasid; Surahmat Surahmat; Surya Sari Faradiba
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.921 KB)

Abstract

Abstrak : Sistem persamaan linear dua variabel merupakan materi di sekolah tingkat menengah pertama yang mudah dihubungkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, masih ada temuan yang menunjukkan kesulitan maupun kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Ketidakyakinan siswa terhadap kemampuannya menyelesaikan masalah diduga menjadi penghambat bagi siswa, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari self-efficacy. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau  tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 19 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, kuisioner self-efficacy, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi self-efficacy peserta didik maka akan semakin tinggi pula kemampuam pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya. Sedangkan pada hasil tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari self-efficacy peserta didik diperoleh: pertama pada klasifikasi tingkat self-efficacy tinggi diperoleh nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 87 yang tergolong pada kategori tinggi; kedua pada klasifikasi tingkat self-efficacy sedang diperoleh nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 72 yang tergolong pada kategori sedang; ketiga pada klasifikasi tingkat self-efficacy rendah diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 59 yang tergolong pada kategori rendah.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-efficacy, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
GOOD LISTENING COMPREHENSION ACHIEVERS STRATEGIES BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF UNISMA: GENDER BASED RESEARCH Maulidatul Azizah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.57 KB)

Abstract

The main purpose of this research was to find out the listening strategies used by good listening comprehension achievers and the strategies frequently used by them. Descriptive qualitative research design with triangulation method was the research design with six students of English department of UNISMA who were chosen based on the criteria provided in this study. The data were collected through interview session using interview sheets that was adapted from Listening Strategy Used Questionnaires as cited in Pratiwi (2019). The data were analyzed using data reduction, display, and drawing conclusion by transcribing the interview result and supporting data by students’ GPA of listening and speaking subjects. The result showed that the students who categorized as good listening comprehension achievers used various strategies for their listening activity, namely: a) cognitive strategy, b) metacognitive strategy, and c) Socio-affective strategy. The result of this study was male and female students were dominantly used cognitive and socio- affective strategies than metacognitive strategies. Besides, female used cognitive strategies more often than male participants. A new finding was found out that female student also used another integrated strategies those are memory and cognitive strategy
DIGITALIZATION TOWARDS READING HABITS: HOW DO TODAY’S EFL UNIVERSITY STUDENTS READ? Benni Abdullah; Kurniasih -; Nuse Aliyah Rahmati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.165 KB)

Abstract

ABSTRACT: The simple availability and accessibility of online reading materials is perceived a benefit for reading culture, and at the same time, Internet services can be seen as a challenge to typical print reading. This study was designed to examine thepattern of todays’ EFL university students on reading habits in the digital age and to examine the significant of internet on EFL reading habits. In order to have a broad overview of the current reading habits, a questionnaire was conducted among 36 fourth-year students of Universitas Islam Malang. Creswell’s (2009) method was used to analyze the data. The findings showed that respondent enjoy online reading because internet and electronic devices create a perfect. Internet affects the respondent’s reading, nowadays, many respondents are surfing the internet, doing more scrolling or non-linear reading, and attempted to get the information they’re needed. Beside, the students are still interesring in reading printed books.Keywords: Digitalization, Reading Habits, University Students
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 4 PAYUNG BERDASARKAN GENDER DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Silvia Ayu Mardhita; Surya Sari Faradiba; Siti Nurul Hasana
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.294 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung berdasarkan gender dan hasil belajar pada materi aritmatika sosial. Jenis dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif. Rasio FA = 3,07. Dengan menggunakan dbA = 1 dan dbB = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 4,41 pada taraf 5% dan 8,28 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empirik lebih kecil (tidak signifikan) dibandingkan harga F teoritis baik pada taraf 5%, maupun pada taraf 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung bila ditinjau dari gender. Rasio FB = 7,26. Dengan menggunakan dbB = 2 dan dbd = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 3,55 pada taraf 5% dan 6.01 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empiris lebih besar (signifikan) dibanding harga F teoritis pada taraf 5% maupun 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung ditinjau dari hasil belajar. Rasio FAB = 0,02 dengan menggunakan dbAB = 2 dan dbd = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 3,55 pada taraf 5% dan 6,01 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empirik lebih kecil (tidak signifikan) dibanding harga F teoritis pada taraf 5% maupun 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik bila ditinjau secara bersama-sama (berinteraksi) antara gender (A) dan hasil belajar (B).Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, gender dan hasil belajar, materi aritmatika sosial 
The Effect of Problem Based Learning Toward Students' Speaking Ability at MTSN Batu NUR AFIF
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.646 KB)

Abstract

The Effect of Problem Based Learning Toward Students' Speaking Ability at MTSN Batu
FENOMENA CAMPUR KODE PADA PERISTIWA TUTUR KONSUMEN ANGKRINGAN POJOK MERJOSARI MALANG Choirun Nissa Dwi Rahmawati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.632 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena campur kode pada peristiwa tutur konsumen Angkringan Pojok Merjosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Sumber data yang digunakan adalah konsumen Angkringan Pojok Merjosari Malang. Data penelitian berupa hasil transkrip dari percakapan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan empat tahapan yaitu identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap fenomena campur kode pada peristiwa tutur konsumen Angkringan Pojok Merjosari Malang menunjukkan; (1) bentuk campur kode, dan (2) faktor penyebab terjadinya campur kode. Kata Kunci : Fenomena, Campur Kode, Peritiwa Tutur
Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel "AMBA" Karya Laksmi Pamuntjak Rosyida Nur Rohma
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.741 KB)

Abstract

ABSTRAK: Memahami tahapan perkembangan yang sedang dialami ataupun perubahan perkembangan kepribadian yang sedang dialami anak, siswa, dan orang lain di sekitarnya membuat kita bisa memahami sesama manusia. Penelitian bertujuan untuk mengungkap tahap-tahap dalam perkembangan menurut Charles H Cooley yang terbagi menjadi tiga fase perkembangan, dengan menggunakan sumber data dari novel AMBA karya Laksmi Pamuntjak, peneliti menemukan kutipan narasi pengarang, monolog dari tokoh-tokoh, kutipan dari tokoh lain yang menggambarkan sikap maupun tingkah laku Amba dan Bhisma,dialog antar tokoh, dialog tokoh utama dengan tokoh lain, kumpulan surat-surat Salwa untuk Amba, surat-surat Bhisma untuk Amba, surat-surat Amba untuk Bhisma, Salwa, Samuel, dan orangtuanya yang berhubungan dengan tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan tahapan perkembangan pada tokoh utama dalam novel AMBA.Kata Kunci : Perkembangan Kepribadian, AMBA, Karya Sastra.

Page 1 of 75 | Total Record : 750


Filter by Year

2019 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue