Abstrak: Proses yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi yang dikhusukan untuk pelajar asing, dalam hal itu dibutuhkan cara bagi seorang pengajar untuk menyampaikan materi sehingga dipilihlah model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran terutama model pembelajaran yang dapat direalisasikan di masa pandemi. Namun, penyebaran pandemi virus corona telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran daring BIPA di masa pandemi merupakan cara khusus dalam menyampaikan materi, karena dalam hal ini pengajar BIPA melakukan beberapa modivikasi atau inovasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran yang berbeda pada proses pembelajaran dengan pendekatan kualitatif deskripstif jenis studi kasus. Hasil penelitian yaitu (1) model perencanaan pembelajaran daring BIPA, (2) model pelaksanaan pembelajaran daring BIPA dan (3) model evaluasi pembelajaran daring BIPA. Hal ini ditujukkan dari langkah-langkah pembelajaran dari data yang sudah di peroleh dan diamati. Kata Kunci: Model Pembelajaran, BIPA tingkat novice, Masa Pandemi
Copyrights © 2021