Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIC PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII

Nila Karomatul Adlha (Universitas Islam Malang)
Surahmat Supangken (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2020

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dan untuk mendeskripsikan antara kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving(LAPS)-Heuristic dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTsNU Miftahu Huda kelas VII pada materi bentuk aljabar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods research (metode kombinasi) dengan jenis sequential explanatory yaitu dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Data dari penelitian kuantitatif diperoleh dengan tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan angket kemandirian belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan prasyarat melakukan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Subjek penelitian kualitatif adalah peserta didik kelas VII B dan kelas VII C yang masing-masing terdiri dari 3 peserta didik. Tiga peserta didik tersebut dipilih berdasarkan hasil posttest. Sedangkan pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi dan wawancara.  Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif yang menggunakan software SPSS 23 dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh kesimpulan  : (1) uji hipotesis dua pihak diperoleh sig = 0,000 < 0,05 maka  ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) berdasarkan analisis data kualitatif diketahui bahwa peserta didik di kelas eksperimen berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar dengan baik, sedangkan peserta didik di kelas kontrol berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah dan enam indikator kemandirian belajar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil data kualitatif  mendukung, melengkapi, dan memperkuat hasil data kuantitatif. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving(LAPS)-Heuristic

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...