Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN TEORI WALLAS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) KELAS VIII SMP TERPADU AL-HIDAYAH SUKOREJO

Sulfiana Ramadanti (Unknown)
Sunismi Sunismi (Unknown)
Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

 Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan masalah berpikir kreatif berdasarkan teori Wallas ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi SPLDV kelas VIII dan 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan teori Wallas ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) kelas VIII pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik  kelas VIII yang sudah mengisi kuesioner adversity quotient dan soal tes kemampuan berpikir kreatif berdasarkan teori Wallas materi SPLDV kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Tahap analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) cara-cara yang digunakan oleh peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif kategori tinggi dan adversity quotient tinggi, memenuhi semua tahapan kemampuan berpikir kreatif teori Wallas. Peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif kategori menengah dengan adversity quotient menengah, rata-rata memenuhi 3 tahapan dari 4 tahapan kemampuan berpikir kreatif teori Wallas. Peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah dan adversity quotient rendah, rata-rata memenuhi 2 tahapan dari 4 tahapan kemampuan berpikir kreatif teori Wallas. 2) tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi memiliki rata-rata hasil tes 86,5 dan masuk kategori adversity quotient tinggi. Kemampuan berpikir kreatif menengah memiliki rata-rata hasil tes 69,81 dan masuk kategori adversity quotient menengah. Kemampuan berpikir kreatif rendah memiliki rata-rata hasil tes 42,1 dan masuk kategori adversity quotient rendah.Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, teori Wallas, adversity quotient.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...