Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN (AIR) MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP SHALAHUDDIN MALANG

siti munawaroh (pendidikan matematika fkip universitas islam malang)
Surahmat Surahmat (pendidikan matematika fkip universitas islam malang)
Abdul Halim Fathani (pendidikan matematika fkip universitas islam malang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

matematis siswa serta penggunaan model pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) menggunakan media mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional menggunakan media mind mapping pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VII SMP Shalahuddin Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (Mixed Method). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Shalahuddin Malang dengan sampel 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan, (2) wawancara, (3) observasi, (4) catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari rata-rata dan persentase hasil tes kemampuan. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) menggunakan media mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional menggunakan media mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan menggunakan sofware SPSS 20 dengan level of significant a = 0,05 kemampuan penalaran didapatkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < a = 0,05 dan kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan nilai sig. (2-tailed) = 0,001 < a = 0,05 maka H1 diterima. Sehingga hasil data kualitatif dapat digunakan untuk mendukung data hasil penelitian kuantitatif.Kata Kunci: Model Pembelajaran (AIR), Media Mind Mapping, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...