Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kompetensi Pedagogik Guru Matematika dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya Sukadana Lampung Timur)

Binti Khoiriyah (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Santi Widyawati (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)
Iffah Dian Santika (Universitas Nahdlatul Ulama Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Matematika dan strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya dengan rumusan masalah: (1) bagaimana kemampuan pedagogik guru Matematika di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya dan (2) bagaimana strategi guru Matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatis dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilukakan dengan cara ketekuann pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kompetensi pedagogik Matematika di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya yang mencangkup (a) pemahaman terhadap siswa di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya sudah dikatakan baik. (b) pemanfaatan teknologi pembelajaran, guru matematika MI Miftahul Ulum Tulung Jaya sudah memanfaatkan dengan baik walaupun belum maksimal (c) sudah melakukan evaluasi pembelajaran dengan baik yaitu dengan mengembangkan berbagai instrumen penilaian. 2) strategi guru Matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Tulung Jaya sangat baik karena guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menunjang strategi tersebut. Berkat strategi ini, hasil belajar siswa sebagian besar sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...