Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Nilai Multikultural untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan

Dorasi Br Hutapea (Universitas Riau)
Ahmal Ahmal (Universitas Riau)
Yuliantoro Yuliantoro (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu unsur dasar yang paling penting bagi keberhasilan proses pembelajaran, didalamnya berisi aktivitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar di kelas, Guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam mengelola pola pengajaran dengan menggunakan atau menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten pelalawan, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran sejarah dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, (3) Untuk melihat perkembangan nilai multikultural siswa SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, (4) Untuk melihat keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pangkalan Lesung. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar observasi nilai multikultural siswa dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa setelah di terapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural, dengan jumlah skor aktivitas guru siklus I mencapai skor 29 dengan kategori Baik, aktivitas guru pada siklus 2 mencapai skor 36 dengan kategori Sangat Baik. aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai skor 687 dengan kategori Baik dan pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mencapai skor 841dengan kategori Sangat Baik. Nilai multikultural siswa siklis I mencapai skor 616 dengan kategori Cukup Baik dan pada siklus II mencapai skor 756 dengan kategori Baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 37,78% dan siklus 2 mencapai 76,96% dan sudah memenuhi kategori tinggi dengan indikator keberhasilan 75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...