Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini

Dini Pratiwi (Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya)
Resa Respati (Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya)
Aini Loita (Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dimulai pada usia 0-6 tahun, dimana pembelajaran pada anak usia dini bertujuan mengoptimalkan anak pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengarahkan anak untuk memilih dan dapat mengarahkan dirinya pada jenjang berikutnya, dengan pemberian pendidikan yang optimal pada anak maka proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak akan berjalan secara optimal. Dengan adanya pendidikan musik untuk anak usia dini juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, adanya persepsi positif orang tua akan memberikan kelancaran pada pembelajaran musik untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar persepsi orang tua terhadap pendidikan musik untuk anak usia dini. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif servey, dengan menggunakan beberapa tahap yaitu dengan tahap penyebaran angket, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap kesimpulan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa anak usia dini dengan jumlah reponden 32 orang. Adapun angket yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 25 pernyataan. Dalam penelitian ini dalam penelitian ini peneliti menentukan 4 alternatif skala jawaban yakni sangat setuju (SS), setuju (S), netral (N), tidak setuju (TD).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...