Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisa dan Merancang Sistem Informasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Didih Aditiyawarman (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Analisa dan perancangan sistem informasi merupakan mata kuliah pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika dengan capaian pembelajaran agar mahasiswa mampu menganalisa dan merancang sebuah sistem informasi. Penyampaikan materi dan pemberian contoh saja tidak cukup untuk meningkatkan skill analisa dan perancangan sistem. Untuk itu diperlukan pendekatan model yang sesuai yaitu model Pembelajaran berbasis Proyek. Penelitian dilakukan untuk mengukur kemampuan mahasiswa melakukan analisa dan perancangan sistem informasi melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester empat kelas 12.4A.15 yang berjumlah 34 orang. Hasil pre-test yang dilakukan menunjukan kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan merancang sistem informasi berada pada level “Cukup” dengan rata-rata 58,1 dan tingkat kelulusan 61,8%. Setelah dilakukan pembelajaran berbasis proyek, kemampuan mahasiswa berada pada level “Baik” dengan rata-rata nilai 75,7 dengan tingkat kelulusan 100%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan Analisa dan perancangan sistem informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...