Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021

Putri Kurniawati (Akademi kebidanan saleha, Banda Aceh)
Desria Mauliati (Akademi kebidanan saleha, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Telah dilakukan sebuah penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dalam kesiapan menghadapi menarche pada siswi kelas V SDN Unggul Darul Imarah. Penelitian ini dilakukan karena selama ini sebagian masyarakat merasa tabu untuk membicarakan tentang masalah menstruasi di dalam keluarga, dimana orang tua merasa malu dan tabu jika harus membicarakan masalah menstruasi pada anaknya. Data yang diperoleh dari SDN Unggul Darul Imarah kabupaten Aceh Besar tahun 2021, kelas v terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa dan siswi sebanyak 114 orang yang terdiri dari siswa sebanyak 41 orang dan siswi 73 orang, yang belum menstruasi sebanyak 52 orang dan yang sudah menstruasi sebanyak 21 orang. Metode penelitia bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dengan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh informasi terhadap pengetahuan dengan nilai p value 0,002, terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap pengetahuan dengan p value 0,011, terdapat pengaruh teman sebaya terhadap pengetahuan dengan p value 0,003 dan terdapat pengaruh umur terhadap pengetahuan dengan p value 0,005, sehingga ada pengaruh informasi, dukungan keluarga, peran teman sebaya dan umur terhadap pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche. Bisa disimpulkan bahwa adanya hubungan informasi dukungan keluarga peran teman sebaya dan umur dengan pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...