Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Buku Mathlite Seri Kerajaan Tudus untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas IV SD

Yohana Setiawan (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)
Lucia Christin Sembiring (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan buku sastra anak bermuatan matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk dibaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kela IV SD. Penelitian ini menggunakan lima dari sepuluh tahap model Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yaitu research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision dan model ADDIE terdiri dari 5 fase atau tahap utama, yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes yaitu menggunakan kuesioner dengan empat skala kepada tiga validator ahli yaitu ahli media, ahli sastra anak, dan ahli materi matematika SD. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil validasi oleh Ahli Materi, Media, dan Sastra Anak menunjukkan bahwa MathLite seri Kerajaan Tudus layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yaitu dengan memperoleh skor 75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan respons siswa SD kelas IV, MathLite sangat berguna meningkatkan berpikir kritis siswa dengan hasil kuisioner respon siswa mendapatkan skor 100 persen dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...