Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Deteksi Dini Perkembangan Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Sindi Azyyati Rahmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Edi Hendri Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elan Elan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran capaian perkembangan emosional anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar pendidikan nasonal pendidikan anak usia dini tentang standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian 2 anak. data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan bebapa stimulus untuk mendukung muculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur yakni perkembangan emosional anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua subjek sudah mampu melakukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa 3 aspek yang termasuk ke dalam perkembangan emosional anak diantaranya kesadaran diri, tanggung jawab diri sendiri dan orang lain, dan sikap prososil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...