Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter di SDN Pinang 1 Kota Tangerang

Sarah As-sikah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yeni Nuraeni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Setiap sekolah serta seluruh forum pendidikan juga harus mempunyai school culture, dimana setiap sekolah memilih pendisiplinan dan kebiasaan tentang karakter yang akan dibentuknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter di SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal perencanaan pembelajaran tematik guru kelas III di SDN Pinang 1 sudah terdapat unsur-unsur yang menunjukkan adanya pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Dapat dilihat dari pengintegrasian dalam setiap kegiatan pada proses pembelajaran, metode pembelajaran, dan sebagainya. Guru juga mengembangkan dan menanamkan 10 nilai karakter yang terdapat pada pembelajaran tematik. Hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik adalah lingkungan tempat tinggal siswa, dan daya dukung orangtua,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...