Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo

Nurhayati Nurhayati (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Zeinul Arifin (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Ratna Damayanti (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan dengan menerapkan teori Bruner, dimana isi teori Bruner adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan (1) tahap enaktif; pembelajaran dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi nyata, (2) tahap ikonik; dipresentasikan dalam bentuk bayangan visual atau gambar dan (3) tahap simbolik; menuliskan simbol-simbol yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Desain penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin dengan subyek penelitian 8 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi bilangan pecahan, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (planning) (ii) aksi atau tindakan (acting) (iii) observasi (observing) dan (iv) refleksi (reflecting). Penerapan teori Bruner melalui tahap enaktif, ikonik dan simbolik dapat meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan siswa kelas VII. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 75,83% dan pada siklus II sebesar 85%. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,33% berada pada kategori sangat baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 96% berada pada kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,67% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 92% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, berarti penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bilangan pecahan di kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...