Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Korelasi Manajemen Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Uswatun Hasanah Selogudig

Lukman Hadi Wafi (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap korelasi antara manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa. dalam proses meningkatkan motivasi belajar siswa, manajemen perpustakaan memiliki peran yang sangat penting. Sehingga keberadaan perpustakaan sekolah di lembaga pendidikan negeri maupun swasta bisa dikatakan wajib. Tidak hanya keberadaan perpustakaan secara fisik,tetapi perpustakaan juga diharapkan memberi perubahan iklim yang nyata terhatap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui korelasi antara manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang dilakukan di MTS Uswatun Hasanah di desa Selogudig Wetan, kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa di MTs Uswatun Hasanah manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa memiliki korelasi yang sangat kuat. Artinya, tingginya motivasi belajar siswa dapat ditentukan melalui manajemen perpustakaan yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...