Penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan akan menimbulkan pengaruh terhadap peserta didik, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat belajar. Minat belajar di Indonesia dengan adanya smartphone mengandung aspek positif maupun negatif, positifnya dengan adanya smartphone dapat mempermudah siswa untuk mencari sesuatu yang baru dan mempelajarinya. Tetapi faktanya masih banyak para pelajar menggunakan smartphone untuk hal-hal yang kurang baik, seperti, chatingan saat belajar atau menyontek pada saat ujian sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang akan digunakan sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) sumber data (2) kuesioner (3) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, hasil analisis Thitung 3.411 lebih besar dari > Ttabel 2.023 dengan nilai Sig sebesar 0,02 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan nilai tingkat capaia responden sebesar 71,2% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Tasikmalaya.
Copyrights © 2022