Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 2 No. 1 (2022): Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter dan Perilaku Hidup

Hubungan Antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum Dengan Budaya Politik Organisasi Mahasiswa

Saryono Saryono (STKIP Kusuma Negara)
Alisa Nur Fazria (HIMA PPKn STKIP Kusuma Negara)
Sopiah Andini (HIMA PPKn STKIP Kusuma Negara)
Hasan Hasan (HIMA PPKn STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang spesifik tentang budaya politik mahasiswa anggota organisasi kemahasiswaan STKIP Kusuma Negara Jakarta. Secara khusus (1) Memperoleh informasi kajian hubungan antara pemahaman Pancasila sebagai etika politik ketatanegaraan Indonesia dengan budaya politik mahasiswa anggota anggota organisasi kemahasiswaan STKIP Kusuma Negara Jakarta. (2) Memperoleh informasi kajian hubungan antara kesadaran hukum sebagai alat rekayasa sosial dengan budaya politik mahasiswa anggota organisasi kemahasiswaan STKIP Kusuma Negara Jakarta. (3) Memperoleh informasi kajian hubungan kausalitas antara pemahaman Pancasila sebagai etika politik dan kesadaran hukum dengan budaya politik mahasiswa anggota organisasi kemahasiswaan STKIP Kusuma Negara Jakarta. Berdasarkan penelitian ini terbuktilah bahwa terdapat hubungan antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum dengan Budaya Politik Anggota Organisasi Kemahasiswaan STKIP Kusuma Negara Jakarta. Implikasi dari penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan baka Budaya Politik ORMAWA sangat dipengaruhi oleh Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum mahasiswa anggota ORMAWA itu sendiri. Untuk itu Budaya Politik Mahasiswa Anggota ORMAWA perlu ditingkatkan, dengan cara aktif dalam urusan-urusan bersama, mengorganisasikan diri sendiri pada sebuah kelompok, dan berani menyampaikan aspirasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...