cover
Contact Name
Saryono
Contact Email
saryono.bhumi@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+628129959122
Journal Mail Official
adpk@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Asosiasi Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan Gedung STKIP Kusuma Negara Jalan Raya Bogor KM. 24 Cijantung, Jakarta Timur 13770
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Citizenship Virtues
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 27759946     EISSN : 27759946     DOI : prefix 10.37640
Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the field of education. Index Copernicus, Google Scholar and Moraref are currently indexing this journal. Jurnal Citizenship Virtues is a scientific journal containing and disseminating research findings, in-depth study, and innovative ideas in the field of education. Teacher and lecturer innovation in educational sector development can make a positive contribution to schools and educational institutions. Jurnal Citizenship Virtues is organized periodically (twice a year in March and September) by Asosiasi Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan. The scope of this journal is: 1) The Five Principles; 2) Citizenship; and 3) Humanities.
Articles 77 Documents
Perlindungan Hak Asasi Manusia oleh Pemerintah pada Masa Pandemi COVID-19 Anang Dony Irawan; Kaharudin Putra Samudra; Aldiansah Pratama
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.348 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.902

Abstract

Perlindungan Hak Azazi Manusia (HAM) adalah tindakan atau upaya untuk melindungi masyarakat dari perbuatan sewenang-wenang oleh penguasa yang tidak sesuai dengan aturan hukum, untuk mewujudkan ketertiban dan ketentraman sehingga memungkinkan manusia untuk menikmati martabatnya sebagai manusia. Hubungan hukum selalu menimbulkan hak dan kewajiban yang timbal balik, hak dari pihak yang satu menjadi kewajiban pihak yang lain dan sebaliknya. Sebagai subyek hukum yang telah menjalankan tugas pelayanannya dalam koridor hukum yang benar, pada hakikatnya masyarakat berhak mendapatkan perlindungan hukum dari kaidah?kaidah hukum positif yang berlaku. Pasal 28D ayat (1) UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum. Pasal 27 ayat (1) UU No. 36/2009 tentang Kesehatan menyebutkan bahwa tenaga kesehatan berhak mendapatkan imbalan dan pelindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. Ketidakjelasan prediksi dari para ahli mengenai berakhirnya pandemi Covid-19 menyebabkan pasar ekonomi mengalami banyak spekulasi dan ketidakstabilan. Covid-19 menyebabkan terhentinya transaksi jual beli yang secara konvensional merupakan salah satu hal yang paling esensial dari aktivitas ekonomi sebagai akibat adanya kebijakan PSBB maupun karantina. Selama pandemi Covid-19 masih menyebar maka dapat dipastikan mayoritas transaksi ekonomi akan terhenti atau setidak-tidaknya mengalami gangguan.
Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Misbahudin Misbahudin
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.862 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.909

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi salah satu mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai dan kebangsaan peserta didik selain juga untuk meningkatkan aspek pengetahuan yang diukur melalui hasil belajar. Namun, banyak peserta didik menganggap pelajaran PPKn tidak menarik dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran  terhadap hasil beajar dan semangat kebangsaan siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-postest one group design. Dalam desain ini, observasi dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pretes dan observasi sesudah eksperimen disebut postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa SMP Karakter, Depok yang dipilih secara purposif sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran bermain peran terhadap hasil siswa dan semangat kebangsaan pada materi Sumpah Pemuda, mata pelajaran PPKn.
Pemahamam Materi Hak Asasi Manusia dan Perilaku Kekerasan dengan Kesadaran Hukum Siswa Siti Kamijah; Sri Rahayu Pudjiastuti; Mohamad Sutisna
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.144 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.910

Abstract

Sikap dan perilaku yang kurang mencerminkan kesadaran hukum Hak Asasi Manusia (HAM) yaitu dengan melakukan perilaku kekerasan fisik, serta kekerasan psikis sesama teman sehingga tak jarang memicu terjadinya perkelahian. Rendahnya kesadaran hukum siswa akan HAM dapat dilihat dari pemahaman siswa pada materi HAM yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk  memperoleh data empiris mengenai hubungan pemahaman materi HAM dan perilaku kekerasan dengan kesadaran hukum.Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Juli sampai bulan September 2020. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Penelitian ini menyimpulkan: (1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang HAM dengan kesadaran hukum dengan koefisiensi korelasi r yx1 sebesar 0,9579 (?=0.05); (2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan anatara perilaku kekerasan dengan koefisiensi korelasi r yx2 sebesar 0,8147 (?=0.05); (3) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang HAM dan perilaku kekerasan secara bersama sama dengan kesadaran hukum dengan koefisian korelasi Ryx1x2 sebesar 0,9598 (?=0.05). Kontribusi pemahaman siswa tentang HAM dan perilaku kekerasan dengan kesadaran hukum sebesar 91,9%.
Pemahaman Siswa tentang Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air dengan Pelestarian Budaya Bangsa Nur'aini Nur'aini; Mohamad Abduh; Suidat Suidat
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.719 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai Oktober 2020. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi koralasional. Jumlah sampel sebanyak 181 siswa yang didapat secara acak. Penelitian ini menyimpulkan; (1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang globalisasi dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,5450 (?=0,05). Kontribusi pemahaman tentang globalisasi sebesar 29,71% (ry1). (2) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 6,501 (?=0,05). Kontribusi sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa sebesar 19,10% (ry2). Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air secara bersama-sama dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry12) sebesar 0,6117 (?=0,05). Kontribusi pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa sebesar 37,42% (Ry12).
Pemahaman Kepatuhan Hukum dan Disiplin terhadap Tata Tertib Sekolah dengan Tanggung Jawab Belajar Alwi Sahlan; Mohamad Abduh; Suidat Suidat
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.849 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.913

Abstract

Tanggung jawab belajar dan disiplin terhadap tata tertib sekolah terlihat memprihatinkan, fakta-fakta yang dapat kita lihat pada diri siswa yang menggambarkan ketidak patuhan siswa Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai: pemahaman   kepatuhan hukum dan disiplin terhadap tata tertib sekolah dengan tanggung jawab belajar siswa kelas IX di SMP Mutiara Depok. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2020, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Mutiara Depok, peneliti hanya mengambil 80,36% dari jumlah populasi sehingga hanya 90 siswa, Instrumen yang digunakan adalah menggunakan butir test dan angket skala perilaku. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy X1 dan X2 bersama-sama dengan Y sebesar 0,9942.  Karena rhitung lebih dari rtabel (0,9942>0,205), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan. Koefisien determinasi sebesar 98,85. Dengan demikian konstribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 98,85%. Tingkat keberartian hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung=86,921. Dengan demikian thitung lebih dari ttabel (86,921>1,987). Perbandingan kedua nilai t tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang berarti.
Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin Absalom Frets Huninhatu; Sri Rahayu Pudjiastuti; Mohamad Sutisna
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.613 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.914

Abstract

Model mengajar dapat dipahami sebagai kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dengan penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) secara daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian  adalah peserta didik kelas VIII SMP Ignatius Slamet Riyadi Jakarta yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai informan, dan sebagai kay informan adalah guru bidang study PPKn. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober  2020. Hasil penelitian  menunjukan bahwa model NHT secara daring efektif untuk meningkatkan pemahaman dan membentuk karakter peserta didik SMP Ignatius Slamet Riyadi, keberhasilan tindakan ditandai dengan 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai 73. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai kelas pada pretes=62; pada ujicoba produk I=54; ujicoba produk II=73; dan ujicoba produk III=88. Dengan prosentase ketuntasan dari pretes peserta didik=7,14% meningkat menjadi 14,2% pada ujicoba produk I, kemudian pada ujicoba produk II=46,4% meningkat lagi menjadi 100% pada ujicoba produk III. dan dikategorikan tuntas atau tercapai dengan KBM sebesar 73.
Pendekatan Kewarganegaraan Indonesia Toba Sastrawan Manik; Samsuri Samsuri
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.568 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.915

Abstract

Dalam diskursus kontemporer, aliran pendekatan kewarganegaraan terdiri atas Liberal, Republikan, dan Komunitarian. Tujuan dari kajian ini ialah untuk mengkaji dan menjelaskan pendekatan kewarganegaraan yang digunakan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka (library research). Sumber-sumber dalam penelitian ini ialah seperti buku, artikel hasil penelitian, dan dokumen-dokumen seperti UUD, Peraturan Pemerintah, dan Panduan-Panduan yang berkaitan dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Data diolah dan dianalisis secara indukatif. Hasil dari temuan kajian ini ialah Pendekatan Kewarganegaraan Indonesia berbeda dengan pendekatan kewarganegaraan kontemporer. Pendekatan Kewarganegaraan Indonesia ialah pendekatan Pancasila yang merupakan sintesa dari ketiga aliran kontemporer. Ruang-ruang individu dan publik dilindungi dan dikembangkan oleh negara. Lebih dari itu, budaya masyarakat atau kearifan yang turut membentuk kehidupan masyarakat dilindungi dan dikembangkan oleh negara sebagaimana termaktub dalam UUDNRI Tahun 1945
Pemahaman Siswa tentang Budaya Politik dan Kesadaran Berdemokrasi dengan Komitmen Berakhlakul Kharimah Budi Waluyo; Sri Rahayu Pudjiastuti; Mohamad Sutisna
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.502 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.916

Abstract

Akhlakul karimah tidak lahir begitu saja menjadi kodrat manusia atau muncul secara tiba-tiba. Akan tetapi membutuhkan proses yang panjang serta memanifestasi seumur hidup melalui pembelajaran atau pendidikan akhlak yang sistematis bersifat menyeluruh meliputi 4 dimensi kehidupan manusia yaitu fisik, mental, emosional dan spiritual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi dengan komitmen berakhlakul karimah. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian adalah  siswa kelas XI di  SMK  Kecamatan Serang Baru Bekasi berjumlah 139 siswa yang berada di 5 Sekolah. Untuk sampel digunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel  sebanyak 103 orang siswa. Untuk ujicoba instrumen diambil sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan positif pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi secara bersama-sama dengan komitmen berakhlakul karimah dengan koefisien korelasi R sebesar 0,803 dan persamaan regresi berganda ?=42,84+0,46X1+0,32X2 dan harga  Fhitung=91,026>3,09=Ftabel pada taraf signifikansi ?=0,05. Hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Terdapat hubungan positif pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi secara bersama-sama dengan komitmen berakhlakul karimah pada siswa SMK  di Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi.
Pemahaman Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila dengan Sikap Demokrasi dan Tanggung Jawab Belajar Kaharudin Kaharudin; Mohamad Abduh; Suidat Suidat
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.238 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v1i1.917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai: pemahaman system dan dinamika demokrasi Pancasila dengan sikap demokrasi dan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian dilaksanakan mulai  Agustus sd Oktober 2020, metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Populasi  penelitian  adalah siswa SMAN 78 Jakarta 199 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk variabel X1 (pemahaman sistem dan dinamika demokrasi pancasila), sedangkan variabel X2 (sikap demokrasi siswa), dan variabel Y (tanggung jawab belajar siswa) menggunakan angket. Keseluruhan instrument  diuji coba tingkat validitas dan reliabilitasnya pada taraf signifikansi 0,95 atau 0,05%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy X1 dan X2 bersama-sama dengan Y sebesar 0,9851 adapun rtabel sebesar 0,1391. Karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,9851>0,1391), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan. Koefisien determinasi sebesar 97,05. Dengan demikian konstribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 97,05%. Tingkat keberartian hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji-F. Dari hasil perhitungan doperoleh Fhitung sebesar 3226,158 Taraf signifikansi 0,05 dengan dk=199 dan Ftabel sebesar 3,042 Dengan demikian Fhitung lebih besar dari Ftabel (3226,158>3,042). Perbandingan kedua nilai thitung tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang berarti.
Pengaruh Budaya Hidup Tertib Terhadap Karakter Disiplin Dalam Belajar: Karakter Disiplin Dalam Belajar Herinto Sidik Iriansyah; Sri Awan Asri; Sri Rahayu Pudjiastuti; S Sudjoko
Jurnal Citizenship Virtues Vol. 2 No. 1 (2022): Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter dan Perilaku Hidup
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.93 KB) | DOI: 10.37640/jcv.v2i1.918

Abstract

Kesediaan mematuhi tata tertib yang berlaku disekolah sudah mulai pudar, hal ini tercermin banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah. Oleh karena itu, kondisi ini menuntut guru selaku pendidik untuk senantiasa mendisiplinkan siswa. Untuk mencapai hal tersebut perlu diterapkan budaya hidup tertib agar karakter disiplin dalam belajar dapat terwujud. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh budaya hidup tertib terhadap karakter disiplin dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy sebesar 0,6125 dan r-tabel sebesar 0,361 sehingga ( 0,6125 > 0,361 ) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Budaya Hidup Tertib terhadap Karakter Disiplin Dalam Belajar di MTs Nurul Huda Cimanggis Depok. Koefisien determinasi sebesar 0,61252 = 0,3751. Dengan demikian kontribusi variabel X terhadap Y sebesar 37,51 %. Tingkat keberartian pengaruh kedua variabel dilakukan dengan uji - t. Dari hasil perhitungan diperoleh t - hitung sebesar 4,10 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (28) dan t - tabel sebesar 2,05. Dengan demikian t - hitung lebih besar dari t - tabel ( 4,10 > 2,05 ). Perbandingan kedua nilai “t” tersebut menunjukkan adanya hubungan yang berarti.