Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 2 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Efektivitas Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Di Kelas II

Siti Barkah Asalamah (Universitas Nusa Putra Sukabumi)
Samsul Pahmi (Universitas Nusa Putra Sukabumi)
Mohamad Najib (Universitas Nusa Putra Sukabumi)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai belajar matematika siswa dengan materi matematika kelas II. Tujuan penelitian ini adalah agar pembelajaran example non example berbasis gambar meningkatkan efektivitas hasil belajar pada siswa kelas II SD dan kelas II Bahan ajar. Survei ini dilakukan di SD Negeri Ciabad dan SD Negeri Longkewang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ciabad sebanyak 25 siswa dan SD Negeri Longkewang sebanyak 26 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan dilakukan dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes berupa post-test di akhir pembelajaran digunakan sebagai metode penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t berupa uji-t sampel independen. Hasil penelitian adalah 0,000 sehingga nilai signifikansi uji-t genap digambarkan sebesar 0,000. < 0,025 belum pernah terjadi sebelumnya yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Selisih rata-rata kedua data tersebut adalah 27,142 (eksperimen = 77,68 & kontrol = 50,54), yang berarti bahwa example non example memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap contoh-contoh pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...