Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 2 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan

Ni Kadek Ria Swandewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Komang Ngurah Wiyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV , (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran monopoli pada muatan IPA di kelas IV. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli yang terdiri dari ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran dan media pembelajaran serta siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data berupa tes dan non tes. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu (1) Rancang bangun media pembelajaran monopoli yaitu kartu yang dicetak menggunakan kertas artpaper, yang bagian kartunya ada dua sisi dengan kode kartu yang berurutan. (2) Kelayakan media pembelajaran monopoli diperoleh dari hasil uji ahli isi pembelajaran 85%, uji desain pembelajaran 82,5%, uji ahli media pembelajaran 90%, uji perorangan 91,6%, uji kelompok kecil 93% dan uji lapangan 92,5%. (3) Hasil uji hipotesis dengan uji-t sample dependent memperoleh dengan db= n-1 =29-1 = 28, t tabel pada tabel taraf signifikansi 5% untuk pengujian hipotesis direksional sebesar 1,701 maka terlihat bahwa thitung > ttabel. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran monopoli dinyatakan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...