Jurnal TEDC
Vol 11 No 2 (2017): Jurnal TEDC

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MEKATRONIKA BERBASIS PROYEK TERHADAP KELANCARAN TUGAS AKHIR MAHASISWA D III DAN D IV TEKNIK ELEKTRONIKA

Endang Darwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Tugas Akhir (TA) adalah proyek akhir yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa. Kelancaran mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir ini ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah penguasaan mata kuliah pada semester-semester sebelumnya, kelancaran dana, pengalaman problem solving, kemampuan dalam manajemen waktu, kemampuan komunikasi baik dengan dosen pembimbing, rekan-rekan mahasiswa serta pihak-pihak lain yang berkaitan dengan tugas akhir ini. Pengalaman problem solving, kemampuan dalam manajemen waktu, kemampuan komunikasi bisa didapatkan di mata kuliah lain maupun di organisasi yang diikuti oleh mahasiswa. Sejak tahun 2011, Mata kuliah praktikum mekatronika selalu menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek. Proses pembelajaran berbasis proyek pada pelaksanaannya memiliki tahapan yang sama dengan tahapan pelaksanaan proyek akhir mahasiswa. Evaluasi terhadap pelaksanaan praktikum mekatronika selalu dilakukan setiap akhir semester dan selalu dikembangkan konsep-konsep baru untuk pembelajaran selanjutnya. Sejauh ini, evaluasi terhadap mata kuliah itu sendiri, hasilnya positif, banyak mahasiswa yang merasa banyak peningkatan kemampuan setelah mengikuti proses belajar berbasis proyek ini. Hanya saja, belum pernah dilakukan evaluasi tertulis pengaruh metode pembelajaran ini terhadap kelancaran tugas akhir mahasiswa. Maka penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi sejauh mana pengaruh pembelajaran praktikum mekatronika berbasis proyek ini pada kelancaran tugas akhir mahasiswa. Dari hasil kuisioner rata-rata responden menyatakan bahwa metode pembelajaran praktikum mekatronika berbasis proyek memberikan pengaruh yang positif pada kelancaran tugas akhir mereka.

Copyrights © 2017