Jurnal TEDC
Vol 11 No 3 (2017): Jurnal TEDC

PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM KEAHLIAN DAN SERTIFIKASI BAGI GURU SMK/SMA KEAHLIAN GANDA PELAKSANAAN IN 1 (TATAP MUKA)

Reni Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2019

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan Pendekatan Experiential Learning yang diterapkan pada programdiklat Keahlian ganda dengan peserta diklat guru-guru adaptif dan normatif agar memiliki kompetensi teknikotomasi sebagai guru produktif dengan mengikuti diklat tatap muka selama 2 bulan pada In service learning1. Pendekatan Experiential Learning memberikan pengalaman yang nyata dan berarti yang akanmembangun keterampilan melalui penugasan-penugasan nyata. metode ini akan mengakomodasi danmemberikan proses umpan balik serta evaluasi antara hasil penerapan dengan apa yang seharusnyadilakukan. Melalui 5 fase atau tingkatan/tahapan pada Experiential Learning membawa pengalamanpengalaman yang dimiliki oleh pembelajar/peserta diklat dikolaborasikan dengan pengalaman-pengalamanbaru yang dirasakan selama mengikuti diklat yang akan diimplementasikan di sekolah sebagai guruproduktif.Kata Kunci : keahlian ganda, pendekatan, experiential learning, teknik otomasi industri

Copyrights © 2017