Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PROFIL HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD INPRES PAROPO KOTA MAKASSAR

Agnes Dorothy Baan (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Rahmaniah Rahmaniah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
St Muriati (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 di SD Inpres Paropo Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 dan guru kelas V sebagai informan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA yang dimiliki oleh peserta didik berada pada kategori baik dan keseluruhan telah mencapai KKM. Skor tertinggi adalah 88 dan skor terendah adalah 75 yang mencapai batas KKM IPA yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA yaitu 80,81. Pembelajaran online ini menggunakan media WhatsApp karena lebih mudah digunakan. Media pendukung lainnya yang digunakan yaitu video youtube dan buku tematik. Dengan demikian hasil belajar IPA pada pembelajaran online dapat dikatakan efektif dan dapat dilaksanakan walaupun dipengaruhi oleh beberapa faktor kendala seperti masalah jaringan internet yang kurang stabil dan media pembelajaran yang digunakan terbatas yaitu media WhatsApp, video youtube dan buku tematik serta dalam proses pengerjaannya masih dibantu oleh orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...