cover
Contact Name
Andi Hamzah Fansury
Contact Email
andyfansury@gmail.com
Phone
+6285255265759
Journal Mail Official
embriopendidikan@journalfkipuniversitasbosowa.org
Editorial Address
Jalan Urip Sumoharjo Km 4 Kampus 2 Lantai 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Bosowa
ISSN : 2528357X     EISSN : 29618495     DOI : https://doi.org/10.52208/embrio
Core Subject : Education, Social,
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak 2019. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar menerbitkan karya ilmiah tentang hasil studi dan tinjauan literatur di bidang pendidikan, dan pengajaran ditingkat pendidikan dasar. Konteks jurnal ini menerbitkan artikel profesional atau konseptual, dan artikel penelitian yang dibentuk pada studi kualitatif dan kuantitatif di bidang cakupan berikut: Pendidikan Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kebijakan Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Materi TIK dalam Pendidikan
Articles 109 Documents
PROFIL HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD INPRES PAROPO KOTA MAKASSAR Agnes Dorothy Baan; Rahmaniah Rahmaniah; St Muriati
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.535 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.172

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 di SD Inpres Paropo Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 dan guru kelas V sebagai informan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA yang dimiliki oleh peserta didik berada pada kategori baik dan keseluruhan telah mencapai KKM. Skor tertinggi adalah 88 dan skor terendah adalah 75 yang mencapai batas KKM IPA yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA yaitu 80,81. Pembelajaran online ini menggunakan media WhatsApp karena lebih mudah digunakan. Media pendukung lainnya yang digunakan yaitu video youtube dan buku tematik. Dengan demikian hasil belajar IPA pada pembelajaran online dapat dikatakan efektif dan dapat dilaksanakan walaupun dipengaruhi oleh beberapa faktor kendala seperti masalah jaringan internet yang kurang stabil dan media pembelajaran yang digunakan terbatas yaitu media WhatsApp, video youtube dan buku tematik serta dalam proses pengerjaannya masih dibantu oleh orang tua.
PENGARUH TEKNIK BECERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA NARASI PADA SISWA KELAS V UPTD SDN 159 INPRES TEKOLABBUA KABUPATEN MAROS Aswatul Nur Hasanah; Asdar Asdar; Andi Hamsiah
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.982 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.174

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bercerita terhadap kemampuan memahami cerita pada siswa kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kecamatan Maros. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak tiga puluh satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan kata-kata dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bercerita berpengaruh terhadap kemampuan memahami cerita narasi pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik bercerita akan menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPTD SDN 159 INPRES TEKOLABBUA KABUPATEN MAROS Hamdayani Hamdayani; Sundari Hamid; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.93 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expostfacto populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil dari uji validitas angket minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 13 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 15 butir instrumen yang diujicobakan. Dari uji t yang dilakukan didapatkan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung sebesar 4,381 dan ttabel (db=30), yaitu 2.093 jadi thitung ≥ ttabel maka HI diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dari pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kabupaten Maros
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 320 MARAKKIUNG KABUPATEN BULUKUMBA Bau Tenri K; Jaja Jamaluddin; St Muriati
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.604 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 320 Marakkiung Kabupaten Bulukumba tahun ajaran 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretes dan Posttest. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti, teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menggunakan rumus uji-t. Perhitungan uji diperoleh thitung > ttabel (21,35 >1,943) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains efektif terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 320 Marakkiung.
MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KREATIF SISWA SD MELALUI PEMANFAATAN BUKU CERITA DI SD NEGERI BATULACCU MAKASSAR Oktavia Jenti Siang; Asdar Asdar; Nursamsilis Lutfin
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.126 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.177

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan buku cerita untuk menanamkan karakter disiplin dan kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis kualitatif. Data penelitian yaitu dari respon wali kelas II dan 5 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan buku cerita siswa lebih tertarik dan memahami tentang karakter disiplin dan kreatif siswa, bahkan mereka selalu mengikuti untuk disiplin tepat waktu dan rasa ingin tahu serta selalu bertanya dan menjawab dengan baik. Cara menanamkannya adalah dengan berulang kali dalam pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut menunjukkan penilaian bahwa mereka selalu mengikuti seperti hikmah dalam buku cerita tersebut.
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI KOTA MAKASSAR Rezkiati Rezkiati; Mas'ud Muhammadiah; Lutfin Ahmad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.222 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v7i1.178

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai BTP Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini di laksakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa 66,4 dengan persentase ketuntasan adalah 43,33% dan berada pada kategori baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada nilai 80,33 dengan persentase ketuntasan adalah 86,67% dan berada pada kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada siklus I terdapat 17 yang belum tuntas dari seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar.
PROFESIONALISME GURU KELAS DALAM MELAKSANAKANPROSES BELAJAR MENGAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 Amsar Amirudin; Muhammad Nur; Soma Salim S
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.504 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i2.180

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Profesionalisme Guru Kelas dalam melaksanakan proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19 di SD Inpres Daya Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan diskriptif. Subjek penelitian adalah Guru kelas III A dan B SD Inpres Daya Makassar semester genap pada tahun 2020/2021 dengan jumlah subjek 2 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara terstruktur. Data penelitian dikumpulkan dengan mewancarai dan mengobservasi guru selama proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui ada 6 yang tidak memenuhi indikator profesionalisme guru dan ada 3 indikator yang memenuhi indikator profesionalisme guru. Jadi selama pandemi guru belum sepenuhnya memenuhi indikator profesional guru.
PENGARUH PEMANFAATAN JAM BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DAN PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS II DI SDN 182 INPRES BONTO-BONTO KABUPATEN TAKALAR Karmila Septiana; Abdul Rahman Pillang; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.248 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i2.181

Abstract

Tujuan dari penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn Siswa kelas II di SDN 182 Inpres Bonto-bonto Kabupaten Takalar. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 15 siswa putri SDN Negeri 182 Inpres Bonto-bonto Kabupaten Takalar. Pengumpulan data dapat diperoleh dengan menggunakan metode angket atau kuisioner, Hasil penelitian dapat dilihat dengan melakukan pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t dengan nilai signifikan sebesar 0,04 <0,05. Yang berarti jam belajar di luar sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan cara melihat nilai t adalah sebesar 2.348 dengan tingkat signifikan sebesar 0,04<0,05 artinya pendampingan belajar orang tua dapat meningkatkan hasil belajar dan sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG CEPAT PADA SISWA KELAS III SD INPRES RUMPIAH KABUPATEN BARRU Putri Ayu; Jaja Jamaluddin; Fathimah Az Zahra Nasiruddin
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.561 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i2.182

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan menghitung cepat pada siswa kelas III SD Inpres Rumpiah Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberi tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberi tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan metode jarimatika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 10 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis juga menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika siswa lebih cepat menyelesaikan operasi menghitung tanpa perlu menggunakan coretan di buku tulis cukup dengan jari-jari tangan dan dengan gerakan jari tangan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak cepat bosan. Dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh harga = 18,447 dan = 1,833 dengan rata-rata waktu yang digunakan siswa dalam mengerjakan soal pretest 67 menit (kriteria kurang cepat) dan setelah diberi perlakuan rata-rata waktu yang digunakan dalam mengerjakan soal posttest 45 menit (kriteria cepat). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara metode jarimatika terhadap kemampuan menghitung cepat siswa kelas III SD Inpres Rumpiah Kabupaten Barru.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BATULACCU MAKASSAR Rosy Novita Lamba; Muhammad Nur; Susalti Nur Arsyad
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.456 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i2.183

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Batulaccu Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasy eksperimental dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebanyak 22 siswa yaitu 80,00 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa yaitu 76,25 sebanyak 16 siswa. Berdasarkan hasil pengujian dari hipotesis yang menggunakan paired sample t-test hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai signifikan (Sig.2-tailed) adalah 0,000. Jadi, pengujian hipotesisnya diterima karena 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu Makassar.

Page 1 of 11 | Total Record : 109