Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH TEKNIK BECERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA NARASI PADA SISWA KELAS V UPTD SDN 159 INPRES TEKOLABBUA KABUPATEN MAROS

Aswatul Nur Hasanah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Asdar Asdar (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Andi Hamsiah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bercerita terhadap kemampuan memahami cerita pada siswa kelas V UPTD SDN 159 Inpres Tekolabbua Kecamatan Maros. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak tiga puluh satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan kata-kata dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bercerita berpengaruh terhadap kemampuan memahami cerita narasi pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik bercerita akan menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...