Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 1 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI KOTA MAKASSAR

Rezkiati Rezkiati (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Mas'ud Muhammadiah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)
Lutfin Ahmad (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km 4, Makassar 90231, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai BTP Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini di laksakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa 66,4 dengan persentase ketuntasan adalah 43,33% dan berada pada kategori baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada nilai 80,33 dengan persentase ketuntasan adalah 86,67% dan berada pada kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada siklus I terdapat 17 yang belum tuntas dari seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...