JWM (JURNAL WAWASAN MANAJEMEN)
Vol. 3 No. 1 (2015)

PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Properti Di Bursa Efek Indonesia)

Zainal Abidin (Program Magister Manajemen Universitas Lambung Mangkurat)
Meina Wulansari Yusniar (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Ziyad (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2015

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan normatif memaksimalkan nilai perusahaan, yang bertujuan untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Yield (DYD) dan Size. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan properti yang terdaftar di BEI dengan periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2011. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Price to Book Value (PBV). Variabel independen dalam penelitian ini adalah struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend yield (DYD) dan Size. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposivesampling yang menghasilkan 17 perusahaan sebagai sampel penelitian dari populasi sebesar 52 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama DER, DYD dan Size berpengaruh terhadap PBV. Secara parsial menunjukkan bahwa DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV. Size berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PBV. DYD berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jwm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Wawasan Manajemen, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to management. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, ...