THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AIMAS

Fagilius Sauyai (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Sahidi Sahidi (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir kritis ini memiliki 4 indikator yaitu klarifikasi, assessment, inferensi dan strategi dan taktik. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang berjumlah 35 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dikelompokkan menjadi kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah kemudian diambil 4 rensponden dari kelompok atas untuk menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) berpikir kritis subjek T1 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessmet dan inferensi. (2) berpikir kritis subjek T2 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi. (3) berpikir kritis subjek T3 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi dan tahap assessment. (4) berpikir kritis subjek T4 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...