Respon Publik
Vol 16, No 8 (2022): Respon Publik

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Pada Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan Dan Anak Kota Batu)

Lailatul Maghfiroh (Universitas Islam Malang)
Suyeno Suyeno (Universitas Islam Malang)
Langgeng Rachmatullah Putra (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan bagaimana implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga di Kota Batu. Serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen terkait dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penanganan kekerasan dalam rumah tangga pada P2TP2A di Kota Batu sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Semua laporan yang masuk sudah ditangani dengan tuntas dan sudah sesuai dengan peraturan tidak ada biaya dalam pelayanan penanganannya. Namun ada beberapa hal yang kurang maksimal seperti petugas yang tidak setiap hari berada dikantor, dan sosialisasi yang melibatkan masyarakat secara langsung masih kurang. Yang menjadi faktor pendukung kebijakan ini adalah SDM yang berkualitas dan Kerjasama antar stakeholder. Faktor Penghambatnya tidak ada anggaran, sarana dan prasarana kurang memadai, sosialisasi kurang maksimal. Saran dari peneliti yaitu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana, serta optimalisasi sosialisasi, dan memaksimalkan aktifitasnya dengan menjadikan Unit Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak agar memiliki anggaran untuk memaksimalkan pelayanan dan Penanganan.  Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Penanganan, KDRT.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rpp

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Respon Publik adalah jurnal ilmiah multidisiplin yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang. Di tingkat nasional banyak sekali masalah-masalah umum atau isu-isu yang berkaitan dengan ilmu administrasi publik. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan ...