Jurnal Penelitian Bidang Inovasi & Pengelolaan Industri (Invantri)
Vol 1 No 2 (2022): Februari

Pengukuran Produktivitas Lini Produksi Seragam Sekolah di Usaha Konveksi XY dengan menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)

Sayyidah Sylviatuzzahroh (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari)
Andhika Mayasari (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari)
Fatma Ayu Nuning Farida Afiatna (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari)
Nur Muflihah (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Konveksi XY merupakan unit usaha menengah yang bergerak di bidang konveksi atribut sekolah dan non atribut sekolah. Proses produksi konveksi XY menganut sistem make to stock, dimana konveksi membuat 250 set seragam (seragam putih, batik, pramuka, olahraga, almamater atau jas dan kerudung bagi siswi) untuk satu sekolah. Setiap sekolah yang menjadi pelanggan tetap, rentang pengerjaanya dimulai setelah ajaran baru berlangsung sampai sebelum pembukaan pendaftaran siswa baru. Pada rentang waktu tersebut, terdapat kasus penjahit dari kelompok kerja unit lain membantu unit kerja yang belum selesai. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian menggunakan metode Objective Matrix. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur produktivitas pada lini produksi seragam sekolah, menganalisis pengaruh produktivitas terhadap efisiensi dan efektivitas, dan menemukan solusi perbaikan berdasarkan hasil pengukuran produktivitasnya. Hasil penelitian ditemukan bahwa produktivitas di konveksi XY tidak stabil. Hal ini berdasarkan diagram pareto hasil performance indicator (PI) dimana alur kurvanya naik turun meskipun mayoritas nilai PI diatas standar (300) kecuali periode 8 (146). Kemudian diperkuat dengan diagram pareto hasil indeks PI dimana nilai indeks PI periode sekarang terhadap periode sebelumnya negatif, yakni : (1) periode 2 (-28,547); (2) periode 4 (-39,130); (3) periode 7 (-24,265); dan (4) periode 8 (-52,751) dan Indeks PI periode sekarang terhadap PI standar alur kurvanya naik turun dengan hasil negatif pada periode 8 (-51,333). Adapun produktivitas tidak mempengaruhi efisiensi dan efektivitas, tetapi efisiensi dan efektivitas yang mempengaruhi produktivitas. Kemudian perbaikan yang perlu dilakukan adalah memangkas kegiatan dan hal yang dapat menyebabkan pemborosan waktu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

invantri

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

INVANTRI adalah Jurnal Ilmiah Teknik Industri Unhasy Tebuireng Jombang. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan menjadi wadah sekaligus media publikasi artikel berbasis riset penelitian dan pengabdian bagi para mahasiswa, akademisi dan praktisi di bidang Teknik Industri. Secara khusus INVANTRI menerima ...