Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 9 No. 2 (2021): Jurnal Economica, Oktober 2021

UPAYA PENINGKATAN UMKM BERBASIS INOVASI DAN KREATIVITAS DI MASA PANDEMI

Aulia Nursyifani (Universitas Tidar)
Yacobo P. Sijabat (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Kondisi UMKM di masa pandemi COVID-19 cenderung menurun, sedangkan kemajuan teknologi berkembang pesat sehingga UMKM dituntut untuk mempertahankan eksistensinya di dunia usaha. Inovasi dan kreativitas merupakan topik yang cukup relevan bagi sebuah UMKM dan kegiatan usaha pada umumnya. Dalam menciptakan daya saing dalam kegiatan bisnis, diperlukan inovasi dan kreativitas untuk mendukung pertumbuhan dan perubahan ke arah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan UMKM berbasis inovasi dan kreativitas di masa pandemi. Metodologi yang digunakan dalam artikel ini adalah mini-etnografi kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mereview beberapa jurnal, buku, dan dokumen (baik cetak maupun elektronik) serta sumber data dan/atau informasi lain yang dianggap perlu. relevan. . Hasil dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan inovasi dan kreativitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pengembangan di UMKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...