Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022

ANALISIS KEHADIRAN PASAR KAGET BAGI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA DI MASA PANDEMI

Wita Dwika Listihana (Universitas Lancang Kuning)
Idel Waldelmi (Universitas Lancang Kuning)
Afvan Aquino (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Dari hasil olahan data dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana di peroleh formula seperti persamaan di atas yang artinya : besarnya pengaruh kontribusi pasar kaget terhadap pemenuhan kebutuhan rumah tangga yakni positif sebesar 0,889072848, ini artinya keberadaan pasar kaget memberikan dampak positif atau semakin banyak keberadaan pasar kaget akan memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan masyarkat untuk mendapatkan kebuthan sehari hari. Setiap peningkatan satu satuan pasar kaget akan menyebabkan peningkatan sebesar 0,889072848 satuan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pasar kaget ini memberikan pilihan barang –barang kebuthan seperti sembilan bahan pokok dengan keunggulan lokasi yang mudah di jangkau karena keberadaanya dekat dengan masyarakat ditambah dengan variasi produk yang menjamin kualitass serta harga yang bersaing didapatkan oleh warga masyarakat. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 4,436148454 dan apabila di bandingkan dengan nilai t table sebesar 1,99045, ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t table yang artinya H0 di tolak bermakna hipotesis penelitian di terima, yakni keberadaan pasar kaget berpengaruh significant terhadap pemenuhan kebutuhan masyakat sekitar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan popolasi sample yang tak terhingga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...