Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik perizinan tenaga kerja asing di Direktorat Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing pada Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan dan melukiskan hubungan antara fenomena yang diteliti. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantitifikasi lainnya. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan yaitu untuk memenuhi harapan masyarakat atas pelayanan perizinan untuk tenaga kerja asing, merupakan tantangan tersendiri bagi kelembagaan, dalam memenuhi tugas pokok dan fungsinya. Di mana perlu didukung oleh kualitas sumber daya optimal, dan sarana prasarana. Hal ini lah yang terus dilakukan perbaikan oleh Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing agar lebih baik lagi kedepannya. Para Petugas Pelayanan Perizinan Tenaga Kerja Asing yang ada di Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing tersebut berkomitmen untuk dapat bekerja dengan cepat dan profesional serta teliti. Apa yang dilakukan para petugas pelayanan perizinan tenaga kerja asing merupakan salah satu pelayanan publik terhadap masyarakat yang membutuhkan perizinan tersebut. Para petugas di Direktorat Pengendalian Tenaga Kerja Asing bekerja secara professional dan sesuai dengan peraturan Menteri. Oleh karena itu hendaknya para pengguna jasa pelayanan perizinan taat dalam mengikuti peraturan dengan benar dengan memasukkan dokumen yang sebenarnya agar pelayanan perizinan tenaga kerja asing tersebut dapat berjalan lancar, mudah dan tepat sasaran.
Copyrights © 2020