Pesona.
Vol 1, No 1 (2021): April 2021

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORNAMEN DENGAN HASIL MENGGAMBAR ORNAMEN KARO PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 BERASTAGI

Nova Kristi (Universitas Negeri Medan)
Juliarti Juliarti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian: 1) Mengetahui tingkat Pengetahuan Ornamen siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi 2) Mengetahui tingkat kemampuan menggambar ornamen karo mata pelajaran Gambar Teknik 3) Mengetahui seberapa besar hubungan antara Pengetahuan Ornamen dengan hasil menggambar ornamen karo mata pelajaran Gambar Teknik. Metode penelitiannya deskriptif dan korelasi, teknik pengambilan sampel random sampling. Data Pengetahuan Ornamen diambil menggunakan tes pilihan berganda dan tes yang digunakan untuk diujikan sebanyak 45 butir soal, 36 soal tes dinyatakan valid dengan indeks reabilitas sebesar 0,909. Sampel penelitian adalah kelas XI Kriya Tekstil 1 sebanyak 30 siswa dan hasil menggambar ornamen karo menggunakan lembar pengamatan yang diamati oleh ke 5 observer. Hasil penelitian menunjukkan dari 30 siswa yang diuji didapatkan 20 siswa (66,7%) mendapat nilai cukup, 9 siswa (30%) mendapat nilai kurang, 1 siswa (3,3%) mendapat nilai tinggi sehingga Pengetahuan Ornamen berada dalam kategori cukup. Hasil penelitian Menggambar Ornamen dari 30 siswa diperoleh 21 (70%) mendapat nilai menggambar cukup, 7 siswa (23,3%) mendapat nilai menggambar tinggi, 2 siswa (6,7%) mendapat nilai menggambar kurang, sehingga nilai menggambar ornamen berada pada kategori cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...