Pesona.
Vol 1, No 1 (2021): April 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN

Cita Qhurbani (Universitas Negeri Medan)
Halimul Bahri (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini: Mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook Maker mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Beringin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu : (1) Tahap analisis; (2) Tahap pengembangan produk (3) Tahap validasi dan uji coba; (4) Uji kelayakan pada kelompok kecil, sedang, dan besar. Dan akhirnya menghasilkan produk berupa media Flipbook maker mata pelajaran Tekstil. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian media Flipbook Maker mata pelajaran Tekstil siswa SMK Negeri 1 Beringin sebagai berikut: Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media yang masing-masing terdiri dari dua validator termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata (94,5%) untuk ahli media dan (93%) untuk ahli materi. Uji coba kelompok kecil dengan rata-rata keseluruhan aspek (75%) dalam kategori “Baik”. Uji coba kelompok sedang dengan rata-rata keseluruhan aspek (82%) termasuk dalam kategori “Baik”, uji coba kelompok besar untuk 33 siswa dengan rata-rata keseluruhan aspek (87%) termasuk dalam kategori “Baik” dan uji kelayakan produk untuk (34) siswa dengan rata-rata keseluruhan aspek (93%) termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...