Jurnal Administrasi Bisnis


PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM PENGRAJIN SUTERA KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO (Studi Kasus pada Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo)

Andi Nutriska Puspasari (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, dan apa saja Faktor Internal dan Eksternal Peningkatan Daya Saing Usaha Mirko Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengrajin Sutera atau Pengusaha Sutera Losari Silk, Family Silk, Adenny Sutera dan Mega Sutera. Teknik pengumpulan data melalui observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data (pengurangan data), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari peningkatan daya saing yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari peningkatan daya saing yang dilakukan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengrajin sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo menggunakan lima bentuk peningkatan daya saing, yaitu keunikan produk, biaya/harga, kualitas produk, pengalaman pelanggan, dan kemudahan konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo belum berjalan secara optimal. Saran peneliti agar pengrajin sutera harus lebih aktif dalam hal mempromosikan produknya baik lewat internet atau iklan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...