cover
Contact Name
Muh. Rizal S
Contact Email
rizalsyuti@unm.ac.id
Phone
+6285399188543
Journal Mail Official
hennizainal3@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ap Pettarani Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28297814     DOI : -
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya manusia.
Articles 59 Documents
Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.PLN (PERSERO) Unit Induk Wilayah SULSELRABAR Firman Umar; Herlina Sakawati; Haedar Akib; Andi Aslinda
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.191 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi kerja pada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar, (2) Kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar, (3) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 51 responden dari jumlah populasi sebanyak 106 orang. Untuk hasil pengolahan data terhadap variabel motivasi kerja diperoleh nilai persentase sebesar 81,18 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja pada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar berada dalam kategori sangat baik. Hasil pengolahan data untuk variabel kinerja karyawan diperoleh nilai persentase sebesar 83,46 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar berada dalam kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,836 yang berada pada interval 0,80-1,000 dengan kategori sangat kuat/sangat tinggi, hal ini berarti motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kinerja karyawan.
PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK UMKM PENGRAJIN SUTERA KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO (Studi Kasus pada Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo) Andi Nutriska Puspasari
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.205 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, dan apa saja Faktor Internal dan Eksternal Peningkatan Daya Saing Usaha Mirko Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pengrajin Sutera atau Pengusaha Sutera Losari Silk, Family Silk, Adenny Sutera dan Mega Sutera. Teknik pengumpulan data melalui observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data (pengurangan data), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dalam mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari peningkatan daya saing yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari peningkatan daya saing yang dilakukan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengrajin sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo menggunakan lima bentuk peningkatan daya saing, yaitu keunikan produk, biaya/harga, kualitas produk, pengalaman pelanggan, dan kemudahan konsumen. Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Pengrajin Sutera Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo belum berjalan secara optimal. Saran peneliti agar pengrajin sutera harus lebih aktif dalam hal mempromosikan produknya baik lewat internet atau iklan.
Efektivitas Pelatihan Kerja Mekanik di PT. Sinar Galesong Mandiri Rostina Rostina
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.68 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan di PT. Sinar Galesong Mandiri. Ditinjau dari tujuan, sasaran, pelatih, materi, metode, dan peserta pelatihan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data (pengurangan data), display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke enam indikator pelatihan yang digunakan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelatihan kerja karyawan dilihat dari dimensi tujuan, sasaran, pelatih, materi, metode, dan peserta pelatihan maka pelatihan di perusahaan tersebut dapat dikatakan efektif artinya karyawan tesebut setelah mengikuti pelatihan mereka menjadi lebih terampil dan produktif dalam bekerja. PT Sinar Galesong Mandiri dalam hal program pelatihan kerja sudah mengupayakan agar semua karyawan ikut serta sebagai usaha untuk memberi bekal kepada karyawan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas karyawan dalam bekerja. Sehingga karyawan dalam bekerja dapat memberikan kinerja terbaiknya untuk peusahaan.
Pengaruh Kebijakan Uang Muka (Down Payment) Terhadap Tingkat Volume Penjualan Kredit Sepeda Motor Di PT. Pegadaian (Persero) Nur Amalia Ramdlani Azis; Haedar Akib; Aris Baharuddin; Andi Aslinda; Muhammad Guntur
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.114 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan uang muka (down payment) terhadap tingkat volume penjualan kredit sepeda motor di PT. Pegadaian (Persero) kantor cabang daya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 81 nasabah dan sampel dalam penelitian ini diambil dari banyaknya populasi yaitu sebanyak 81 nasabah. Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS.22 yang terdiri atas uji validitas dan realibitas, teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial.
Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Jumasni Jumasni
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.26 KB)

Abstract

Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan baik secara internal dan eksternal, positif ataupun negatif untuk mengarahkannya sangat terrgantung pada ketangguhan pimpinan. Penelitian ini membahas mengenai motivasi kerja terhadap disiplin kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk memastikan tingginya tingkat korelasi pada variabel motivasi kerja terhadap disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakanformula statistika yang perhitungannya menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil pengolahan data untuk variabel motivasi kerja diperoleh nilai 69,6 persen sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar masuk dalam kategori baik. Hasil pengolahan data untuk variabel disiplin kerja diperoleh nilai 62,5 persen maka dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja karyawan pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar masuk dalam kategori baik. Dari hasil analisis koefisien korelasi maka diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar = 0,595, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja berkorelasi dengan tingkat sedang pada disiplin kerja pada Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Makassar.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap Minat Belanja pada Aplikasi Shopee di Tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Indah Tri Ayu Mustika; Firman Umar; Risma Niswaty; Muhammad Guntur; Aris Baharuddin
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.875 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat Mahasiswa untuk melakukan pembelian pada aplikasi Shopee, dan bagaimana penggunaan Electronic Word Of Mouth (EWOM) bagi Mahasiswa di tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 395 Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 Mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS.25 yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis deskriptif persentase, analisis linear sederhana dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Electronic Word Of Mouth (EWOM) pada Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 dalam kategori baik, dan (2) untuk aksesibilitas Electronic Word Of Mouth oleh Mahasiswa di Tingkat Jurusan Administrasi angkatan 2018 termasuk kategori baik. Berdasarkan data tersebut maka tingkat hubungan dalam kategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Electronic Word Of Mouth (EWOM) terhadap minat belanja pada Mahasiswa di tingkat jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0,746 dan nilai koefisien determinasi sebesar 55,7 persen.
PENGARUH KODE ETIK (CODE OF CONDUCT) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PENGENDALIAN DAN PEMBANGKITAN TELLO Nur Khalisah
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.299 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kode etik (code of conduct) terhadap kinerja karyawan PT PLN (persero) Unit Pelaksana Pengendalian dan Pembangkitan Tello. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk memastikan tingginya tingkat korelasi pada variabel kode etik (code of conduct) kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode survei, pengumpulan data dilakukan dengan observasi , kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan yakni Analisis Regresi Linier Sederhana yang perhitungannya menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kode etik (code of conduct) terhadap kinerja karyawan, dengan nilai sebesar 0,733 yang berada pada interval 0,600-0,799 dengan kategori kuat/tinggi
Pengaruh Produksi Jeruk Besar (Pamelo) terhadap Pendapatan Petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep Dian Novitasari; Firman Umar; Sirajuddin Saleh; Andi Aslinda; Risma Niswaty
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.117 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana tingkat produksi jeruk besar (pamelo) di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, (2) Bagaimana tingkat pendapatan petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, (3) Apakah produksi jeruk besar (pamelo) berpengaruh terhadap pendapatan petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orang petani dengan teknik proportional random sampling. Jenis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan pendekataan kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan formula statistika. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Produksi jeruk besar (pamelo) di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81,9 persen yang berarti produksi jeruk besar (pamelo) di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep sudah berjalan dengan baik. (2) Pendapatan petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81,5 persen yang berarti bahwa pendapatan petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep sudah sangat baik. (3) Pengaruh produksi jeruk besar (pamelo) terhadap pendapatan petani diperoleh nilai koefisien r sebesar 0,719 yang berada pada interval 0,600-0,799 dengan kategori kuat. Hal ini berarti produksi jeruk besar (pamelo) berpengaruh terhadap pendapatan petani di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Koefesien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0.517 atau 51.7 persen, yang berarti bahwa pengaruh produksi jeruk besar (pamelo) terhadap pendapatan petani sebesar 51.7 persen 
UPAYA PENINGKATAN KINERJA APARATUR DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN GOWA Zaenal Akhmad; Akhmad Akhmad
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.817 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah dalam meningkatkan kinerja aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa. Tipe penelitian bersifat dekskriptif, Dasar penelitian yang dilakukan adalah survey. Penelitian ini akan dilaksanakan di Kabupaten Gowa khususnya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa. Dalam penelitian digunakan teknik pengumpulan data dengan cara :Study Kepustakaan (library research) dan Study Lapang (Observasi, Interview, dan Kuisioner). Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Tata Ruang Perkotaaan dan Permukiman Kabupaten Gowa. Analisis data dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kondisi setiap variabel secara tunggal dengan tabel frekuensi dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil Penelitian, Upaya peningkatan kinerja aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa dilakukan melalui pembinaan intensif yang diharapkan memberikan implikasi positif. Adapun proses pembinaan yang yang telah dilakukan yakni ; pembinaan karier dan prestasi kerja, peningkatan kemampuan dasar untuk melanjutkan pendidikan formal aparat, pendidikan dan latihan bagi pengembangan aparat, peningkatan motivasi aparat serta upaya pembinaan disiplin aparatur di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) ULP MATTOANGING DI KOTA MAKASSAR Nursalim Nursalim
xxxx-xxxx
Publisher : JADBISFISH: Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.102 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan pada PT PLN (Persero) Unit layanan Pelanggan Kota Makassar 2) untuk mengetahui tingkat Kepuasan pelanggan pada PT PLN (Persero) Unit layanan Pelanggan Kota Makassar 3) untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (Persero) Unit layanan Pelanggan Kota Makassar. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) ULP Mattoanging (studi kasus pelanggan rumah tangga daya 900 Va). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menguji untuk memastikan besarnya pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, tingkat kepuasan pelanggan, dan kualitas pelayanan PT. PLN (Persero) ULP Mattoanging. Penelitian ini menggunakan metode survey Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan formula statistika, yakni Analisis Regresi Linier Sederhana yang perhitungannya menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan indikator yang digunakan pada setiap variabel, menunjukkan tingkat kualitas pelayanan di PT. PLN (Persero) Unit Layanan pelanggan di Kota Makassar berada pada Ketegori sangat baik, untuk tingkat kepuasan pelanggan berada pada kategori sangat baik. Dan pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai sebesar 0,656 yang berada pada interval 0,600-0,799 dengan kategori kuat/tinggi

Filter by Year

2022 2023


Filter By Issues
All Issue